Faktor Penyebab Keriput Wajah

Grahanusantara.co.id – Keriput wajah mungkin salah satu hal yang menggangu penampilan, banyak orang berupaya untuk menghilangkan Keriput pada wajah.

Berikut faktor-faktor penyebab keriput pada wajah:

Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit secara alami menjadi kurang elastis dan lebih rapuh. Penurunan produksi minyak alami mengeringkan kulit dan membuatnya tampak lebih keriput.

Kurangnya Asupan Nutrisi

Apa yang kamu makan akan berpengaruh pada kulit. Jika kamu memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, instan, dan nilai gizinya kurang, maka bisa berdampak buruk pada kulit. Selain itu, kurang minum air putih juga bisa menyebabkan kulit mengalami dehidrasi yang bisa berakibat pada munculnya keriput.

Paparan sinar ultraviolet (UV)

Radiasi ultraviolet, yang mempercepat proses penuaan alami, merupakan penyebab utama kerutan dini. Paparan sinar UV memecah jaringan ikat kulit (serat kolagen dan elastin) yang terletak di lapisan kulit yang lebih dalam (dermis). Tanpa jaringan ikat yang mendukung, kulit akan kehilangan kekuatan dan fleksibilitas. Kemudian, hal ini mengakibatkan kulit mulai mengendur dan berkerut sebelum waktunya. 

Merokok

Dilansir dari Mayo Clinic, kebiasaan merokok dapat mempercepat proses penuaan normal pada kulit dan berkontribusi pada munculnya keriput. Nikotin dalam rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan terluar kulit. Sehingga, aliran darah ke kulit menjadi lebih sedikit dan kulit tidak mendapatkan oksigen serta nutrisi penting lainnya. Hal ini yang menyebabkan munculnya keriput.

Ekspresi Wajah Berulang

Gerakan dan ekspresi wajah, seperti menyipit atau tersenyum, menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Setiap kali kamu menggunakan otot wajah, lipatan atau kerutan terbentuk di bawah permukaan kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kelenturan dan tidak lagi bisa bangkit kembali.