Pakan Alternatif Ikan yang Kaya Protein

Grahanusantara.co.id – Dalam budidaya ikan air tawar umumnya kita mengenal pelet sebagai pakan ikan paling praktis. Bahkan bukan hanya praktis namun memang mengandung nutrisi lengkap yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan.

Meskipun kadar nutrisinya sangat tinggi namun penggunaan pakan pelet ini juga memiliki kelemahan yaitu dari sisi harga yang kian melambung. Hal ini diakibatkan harga bahan bakunya yang fluktuatif serta produsen yang tidak mau menurunkan harga saat harga bahan baku turun. Sebagai peternak ikan air tawar tentu anda akan rugi atau hanya memperoleh sedikit untung jika anda mengandalkan pakan hanya dari pelet.

Pembudidaya ikan air tawar yang sudah berpengalaman tentu akan mencari pakan alternatif sebagai pendamping pelet guna menekan biaya produksi. Walaupun pakan alternatif bisa diperoleh dari banyak bahan baku disekitar kita namun sebaiknya anda tetap selektif dalam memilih pakan alternatif dan diutamakan hanya yang memiliki kandungan protein tinggi karena protein sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang ikan. 

Pada ulasan kali ini kami hendak memaparkan kepada anda mengenai beberapa bahan pakan alternatif ikan air tawar yang memiliki kandungan nutrisi tinggi sehingga cocok dijadikan pakan pendamping pelet pada usaha budidaya ikan air tawar anda. Untuk daftar pakan alternatif ikan air tawar adalah sebagai berikut:

Cacing Tanah

Cacing tanah terutama jenis Lumbricus rubella kini sedang populer untuk dibudidayakan guna menjadi pakan alternatif ikan air tawar. Hampir semua jenis ikan air tawar sangat menyukai cacing tanah. Pada budidaya cacing tanah sendiri sangat mudah dan murah karena pakannya berasal dari sampah dan kotoran.

Ikan Rucah

Untuk ikan lele yang bersifat karnivora, Anda bisa memberikan pakan berupa ikan rucah yang ukurannya lebih kecil atau Anda juga bisa mencacahnya terlebih dahulu. Ikan rucah sangat mudah dijumpai di tempat pelelangan ikan. Ukurannya sangat kecil sehingga nelayan menjualnya dengan harga murah.

Ikan kecil

Jenis ikan kecil seperti ikan citol, wader, guppy, dan lain-lain bisa dimanfaatkan untuk menjadi pakan altetnatif ikan karnivora seperti lele dan patin. Peliharalah ikan kecil tadi dalam kolam khusus dan biarkan mereka berkembang biak untuk kemudian ditangkap dan diumpankan pada kolam lele atau patin.

Ampas Tahu

Limbah pengolahan kedelai yang juga terkenal mengandung protein nabati yang tinggi. Ia akan sangat cocok jika dijadikan pakan alternatif. Apalagi, jika dicampur dengan tepung ikan atau cacahan keong. Ampas tahu juga bisa dicampur dengan bekatul untuk kemudian difermentasikan terlebih dahulu sebelum diumpankan.

Daun Sente/Talas

Ini juga salah satu tumbuhan yang dapat dengan mudah kita jumpai dan diketahui memiliki protein yang baik untuk ikan.