PSI: Targetkan 10 Kursi Hingga Fokus Tingkatkan Awareness

Graha Nusantara, Jakarta – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengunjungi sejumlah kota di wilayah Jawa Tengah (Jateng). Kaesang memiliki target 10 kursi DPR RI dari total 10 dapil di Jateng untuk PSI.

“Ya target 1 dapil 1 kursi, kan ada 10 dapil kalau bisa 10 kursi diisi,” ujaf Kaesang Pangarep, Minggu (17/12/2023).

Kaesang menyampaikan PSI akan fokus pada peningkatan awareness di masyarakat. Dirinya menilai seiring dengan peningkatan awareness PSI maka elektabilitas PSI akan naik pula.

“Awareness PSI kemarin kalau nggak salah 64 persen nah ini kita mau ningkatin awareness-nya PSI sampai ke 80 sampai ke 90 persen lah, karena kalau kita lihat kalau awareness-nya tinggi ininya kita juga ikut, elektabilitas-nya kita. Kemarin kan sebelum saya masuk kan sekitar 46 an persen juga, sekarang setelah 2 bulan kerja kan ningkat juga. Nah itu juga elektabilitas-nya naik, jadi yang kita tingkatin adalah awareness-nya PSI dulu,” ucapnya.

Dirinya turut menuturkan PSI berfokus pula pada RUU Perampasan Aset. Kaesang selalu menekankan kepada kadernya mengenai RUU Perampasan Aset dibandingkan dengan program PSI lainnya.

“Selalu itu, RUU Perampasan Aset. Selama ini kan mereka (PSI) punya kayak BPJS gratis tapi saya bilang, itu masih butuh proses karena kan kita harus koordinasi dengan DJSN ya, kemarin kita juga sudah audiensi dengan DJSN, jadi masih butuh waktu tapi kita yakin kita bisa cuma karena kalau BPJS gratis kan melibatkan banyak instansi, stakeholders-nya banyak kalau RUU Perampasan Aset kan sebenernya hanya pemerintah dengan nanti DPR. Jadi kita yakin itu yang kita lakukan pertama, jadi kita fokus itu dulu,” ujarnya.

Kemudian, Kaesang menyampaikan jika fokusnya kini berada pada pencalegan. Dirinya menyampaikan akan melihat perkembangan situasi terkait kemungkinan maju Jateng 1.

“Sambil kita lihat dulu lah, kita lihat dulu, kalau sekarang fokus pencalegan dulu untuk temen-temen dulu,” ujar Kaesang.

“Doanya,” ujar Kaesang sambil tertawa ketika menjawab kemungkinan akan terjun di pemerintahan melalui Jateng 1.