Anies: Misi Utama Kita adalah Membuat KPR untuk Semua!

Graha Nusantara, Jakarta – Anies Baswedan yang merupakan bakal capres Koalisi Perubahan menyampaikan misi utamanya adalah mengagas Kredit Perumahan Rakyat (KPR) bisa dirasakan oleh semua masyarakat. Hal tersebut disampaikannya pada Talkshow Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI).

“Dalam kesempatan ini, kami sampaikan bahwa salah satu misi utama kita adalah membuat KPR untuk semua. Bagaimana Kredit Perumahan Rakyat bisa diakses untuk semua agar warga Indonesia yang hari ini berkeinginan untuk memiliki rumah, memiliki kebutuhan punya rumah, mereka mendapatkan akses pendanaan yang baik,” ujar Anies, Jumat (10/11/2023).

Anies berencana meningkatkan para pelaku usaha bidang perumahan dalam penyediaan kebutuhan rumah. Dirinya turut menyinggung perihal sulitnya akses pengajuan kredit rumah bagi anak muda.

“Bagi para pelaku usaha di bidang perumahan mereka mendapatkan intensif agar bisa menyediakan kebutuhan rumah itu. Nah KPR untuk semua ini, ya kita harapkan nanti bisa kita laksanakan,” terang Anies.

“Jadi kalau selama ini kita tahu KPR ini kan Kredit Perumahan Rakyat, tapi di anak-nak muda kan sering jadi pertanyaan kapan punya rumah, KPR itu. Nah kita ingin, keluarga punya rumah. KPR itu jadi tiap keluarga punya rumah. Itu misi kita, dan itu artinya sinkronisasi mulai dari kebijakan suku bunga, kemudian intensif pajak, kemudian kerja sama penyediaan lahan, agar lahan-lahan yang mengalami kesulitan lahan bisa ditangani,” sambungnya.

Anies ingin Masyarakat dari semua jenis pekerjaan memiliki kemudahan memiliki rumah. Dirinya menilai seluruh orang berkah memperoleh akses yang sama untuk memiliki rumah.

“Kemudian memudahkan bagi warga yang berstatus pekerja independen atau pekerja informal untuk bisa mendapatkan akses KPR. Selama ini, saya beri contoh tadi, bila sama-sama menjadi pengemudi, pengemudi yang bekerja di sektor formal lebih mudah mendapatkan kredit dari pada pengemudi yang bekerja di sektor non formal,” tandasnya.