PDIP Singgung Gibran Seharusnya Mengundurkan Diri

Graha Nusantara, Jakarta – Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah memberikan tanggapannya mengenai keputusan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres Prabowo Subianto. Basarah menyinggung perihal soal etika politik sampai menyebut seharusnya Gibran mengundurkan diri dari partai.

“Maka ketika dia telah mengambil langkah di luar rule of game partai, bicara di atas semua itu adalah etika politik. Etika politik itu lah yang sebenarnya sekarang harus dilaksanakan oleh Mas Gibran sendiri,” ujar Ahmad Basarah, Kamis (26/10/2023).

Basarah menyampaikan bila pada organisasi apapun terdapat aturan main untuk seluruh anggotanya. Salah satunya ketika mengambil langkah-langkah yang di luar kebijakan partai.

“Tadi dalam konteks aturan dalam berpartai itu Mas Gibran selaku kader partai apalagi yang sudah mendapatkan tugas sebagai Wali Kota Solo, dia harusnya tahu persis aturan main dalam organisasi partainya PDI Perjuangan mulai dari ADRT,” terang Basarah.

Sebab langkah yang Gibran ambil berbeda dengan partai maka dengan sendirinya dia keluar dari PDIP. Basarah mendesak Gibran untuk mengundurkan diri.

“Maka setelah dia mengambil sikap, mengambil keluar dari aturan resmi partai, yang tersisa dari Mas Gibran itu adalah sebuah etika politik harusnya dia mengundurkan diri secara resmi ketika dia mengambil keputusan keluar dari keputusan PDIP melalui hak prerogatif Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri,” tandasnya.