Bye-bye Kata Sandi! Fitur Passkey WhatsApp di Android Rilis

Graha Nusantara, Jakarta – WhatsApp telah resmi merilis fitur passkey atau kunci sandi di Android. Para pengguna WhatsApp di Android kini dapat merasakan fitur kunci sandi tanpa kata sandi.

“Pengguna android dapat masuk kembali dengan mudah dan aman menggunakan kunci sandi berupa cuma wajah, sidik jari, atau pin Anda yang dapat membuka kunci akun WhatsApp Anda,” demikian keterangan di akun resminya, Senin (16/10) malam.

Hal tersebut sama dengan Google yang mulai meminta pengguna membuat passkey sejak pekan lalu. Tetapi, belum terdapat informasi kapan fitur ini dapat dirasakan oleh pengguna sistem operasi iOS alias iPhone.

Fitur passkey tersebut dapat mempermudah pengguna yang mempunyai kebiasaan menggunakan kata sandi yang baik serta pengguna yang menggunakan kata sandi yang rentan seperti “12345”.

Lantas, apakah passkey itu?

Kunci sandi memiliki peran sebagai pengganti password tradisional dengan metode autentikasi perangkat Anda sendiri. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat masuk ke berbagai layanan, termasuk WhatsApp dan Gmail, hanya dengan mengaktifkan Face ID di iPhone, sensor sidik jari ponsel Android, atau dengan Windows Hello di PC.

Dua kunci berbeda dihasilkan ketika pengguna membuat passkey: satu disimpan oleh situs web atau layanan tempat akun pengguna berada, dan kunci pribadi yang disimpan di perangkat yang pengguna gunakan untuk memverifikasi identitas.

Passkey dapat digunakan pada beberapa perangkat, sehingga pengguna dapat memiliki cadangannya. Oleh karena itu, hal tersebut bukanlah masalah apabila gadget rusak atau hilang.

Komentar