Aplikasi Gmail Resmi Hadir di Smarwatch Wear OS!

Graha Nusantara, Jakarta – Google telah resmi merilis aplikasi Gmail untuk perangkat smartwatch dengan dukungan sistem operasi Wear OS. Hal tersebut membuat pengguna bisa membaca maupun membuka email pada jam pintarnya.

Melansir dari The Verge, Selasa (10/10/2023), perilisan aplikasi Gmail pada Wear OS tersebut berbarengan dengan peluncuran Pixel Watch 2.

Google mengumumkan pertama kali aplikasi ini ketika acara Google I/O pada bulan Mei 2023. Adanya aplikasi ini merupakan langkah besar untuk Google terutama pada hal fungsionalitas bagi pengguna Wear OS.

Sebelumnya, pengguna jam tangan Wear OS hanya bisa menerima notifikasi push dari Gmail seperti menerima notifikasi dari berbagai aplikasi lain, tetapi pengguna hanya bisa membalas, mengarsipkan, maupun menghapusnya sebagai tanggapan.

Namun kini, pengguna bisa menggunakan beberapa akun email dalam waktu bersamaan pada satu device. Pengguna bisa membuka, membaca, serta refresh email dengan cepat, mirip dengan pengalaman menggunakan aplikasi Gmail pada ponsel.

Aplikasi tersebut memiliki kemampuan menyortir email yang baru saja masuk, hal tersebut memudahkan pengguna dalam melacak pesan terbaru. Namun, aplikasi hanya memperlihagkan email baru saja tak memperlihatkan keseluruhan daftar email belum dibaca.

Aplikasi Gmail kini telah didukung Wear OS 3 dan Wear OS 4 yang bisa diunduh di Google Play Store. Sementara itu, pengguna Apple Watch harus menunggu lantaran belum terdapat informasi detail mengenai perilisan aplikasi ini.

Komentar