Proses Pengembalian Bayi Tertukar ke Ortu Biologis Dilakukan Satu Bulan Lagi

Graha Nusantara, Jakarta – Kedua orang yang bayinya tertukar telah berlangsung. Transisi itu akan berlangsung selama satu bulan lebih lima hari.

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro menyampaikan kedua bayi akan dikembalikan ke orang tua biologis pada 29 September mendatang. Tetapi, hal tersebut dilakukan jika kondisi memungkinkan.

“Ini sampai satu bulan lima hari sudah terjadwal Insyallah tanggal 29 September kita akan melaksanakan penyerahan bayi tersebut, apabila sudah terciptakan bonding antara si ibu dengan si anak,” ucap Rio, Rabu (30/8/2023).

Rio turut berkomentar mengenai rencana kedua orang tua bayi tertukar yang akan melaporkan pihak rumah sakit. Rio menyampaikan hingga kini belum terdapat laporan resmi.

“Belum ada, kemarin kan baru laporan pengaduan dari si ibu S terhadap ibu D. Nah kami masih menunggu seperti yang diberitakan oleh media massa mereka akan melaporkan kepada kami terhadap rumah sakitnya. Tentunya kalau melaporkan terkait itu, maka saya wajib melaksanakan memberikan pelayanan yang terbaik untuk kedua korban,” terangnya.

Diketahui, hasil tes DNA mengungkapkan jika dua bayi di Bogor benar-benar tertukar. Kemudian, proses pengembalian anak ke orang tua biologisnya akan dijalankan melalui proses satu bulan.

“Langkah-langkah penyesuaian pengembalian anak dari Ibu S ke Ibu D, dari Ibu D ke Ibu S, melalui tahapan yang disepakati,” ucap Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Nahar, Jumat (25/8).

Tahapan pertama akan berlangsung satu pekan. Pada tahapan pertama, pihak Kementerian PPPA akan mengasesmen tiap anak serta keluarga. Kemudian, anak-anak yang tertukar akan dikeluarkan dengan keluarga baru yang notabene merupakan keluarga biologisnya.

“Tahapan kedua, penyesuaian anak nanti akan mulai dikenalkan dengan lingkungan yang nanti anak ini tumbuh berkembang di masing-masing keluarga orang tua kandungnya,” ujar Nahar.

Kemudian, asesmen ulang akan dilaksanakan. Proses akan terus berlangsung hingga pekan keempat. Baru kemudian penyerahan anak dilangsungkan.

“Plus dua hari akan dilakukan penyerahan. Penyerahan masing-masing anak ke orang tua biologisnya,” ujarnya.

Komentar