Dokter dan Nakes Tak Bisa Langsung Diperiksa Aparat Hukum, Harus Ada Rekomendasi Ini!

Graha Nusantara, Jakarta – Dokter serta tenaga kesehatan saat menjalankan pelayanannya tak diperkenankan langsung diperiksa oleh aparat penegak hukum. Aparat penegak hukum harus terlebih dahulu meminta rekomendasi majelis independen.

Hal tersebut diatur pada Undang-Undang (UU) Kesehatan yang baru disahkan pada bulan lalu. Majelis independen nantinya akan melakukan pemeriksaan, kemudian baru memberikan rekomendasi bisa atau tidaknya dilakukan penyidikan.

“Apabila dokter dan tenaga kesehatan diduga melakukan tindak pidana ketika mereka memberikan pelayanan lalu dilaporkan, aparat penegak hukum tidak boleh serta-merta melakukan pemeriksaan,” ujar Staf Ahli Bidang Hukum Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Sundoyo, dilansir Senin (21/8/2023).

Dirinya memberi contoh, pada kondisi darurat, ketika tenaga kesehatan harus mengutamakan keselamatan pasien, oleh karena itu terdapat kemungkinan untuk melakukan tindakan ekstra  yang mungkin di luar prosedur standar pelayanan rutin.

“Ini memang dalam kondisi darurat, teman-teman tenaga kesehatan ini harus kita berikan perlindungan hukum karena tindakan atau pelayanan bisa tidak sesuai prosedur dan standar pelayanan untuk menyelamatkan pasien,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sundoyo menerangkan kini pemerintah tengah menyusun aturan turunan dari UU Kesehatan, dan bentuk dari majelis tersebut kemungkinan besar nantinya menjadi salah satu organ kerja dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) serta Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) untuk tenaga kesehatan non-dokter. Rencananya, majelis tak hanya berisi dokter, tetapi juga oleh tokoh masyarakat. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga independensi dalam membuat rekomendasi.

“Majelis akan berfungsi menangani dugaan pelanggaran etik dan disiplin,” tambahnya.

Berikut bunyi Pasal 308 Undang-undang Kesehatan Nomor 17 Tahun 2023:

(1). Tenaga Medis atau tenaga Kesehatan yang diduga melakukan perbuatan yang melanggar hukum dalam pelaksanaan Pelayanan Kesehatan yang dapat dikenai sanksi pidana, terlebih dahulu harus dimintakan rekomendasi dari majelis sebagaimana dimaksud dalam pasal 304.

(2.) Tenaga Medis dan Tenaga kesehatan yang dimintai pertanggungjawaban atas tindakan/perbuatan berkaitan dengan pelaksanaan Pelayanan Kesehatan yang merugikan Pasien secara perdata, harus dimintakan rekomendasi dari majelis sebagaimana dimaksud dalam pasal 304.

(3.) Rekomendasi dari majelis sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan setelah Penyidik Pegawai Negeri Sipil atau penyidik Kepolisian Negara Republik Indonesia mengajukan permohonan secara tertulis.

(4) Rekomendasi dari majelis sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diberikan setelah Tenaga Medis, Tenaga Kesehatan, atau orang yang diberikan kuasa oleh Tenaga Medis atau Tenaga Kesehatan mengajukan permohonan. secara tertulis atas gugatan yang diajukan oleh Pasien, keluarga Pasien, atau orang yang diberikan kuasa oleh Pasien atau keluarga Pasien.

(5) Rekomendasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) berupa rekomendasi dapat atau tidak dapat dilakukan penyidikan karena pelaksanaan praktik keprofesian yang dilakukan oleh Tenaga Medis atau Tenaga Kesehatan sesuai atau tidak sesuai dengan standar profesi, standar pelayanan, dan standar prosedur operasional.

(6) Rekomendasi sebagaimana dimaksud pada ayat (4) berupa rekomendasi pelaksanaan praktik keprofesian yang dilakukan oleh Tenaga Medis atau Tenaga Kesehatan sesuai atau tidak sesuai dengan standar profesi, standar pelayanan, dan standar prosedur operasional.

(7) Rekomendasi sebagaimana dimaksud pada ayat (5) dan ayat (6) diberikan paling lama dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja sejak permohonan diterima.

(8) Dalam hal majelis tidak memberikan rekomendasi dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud pada ayat (7), majelis dianggap telah memberikan rekomendasi untuk dapat dilakukan penyidikan aras tindak pidana.

(9) Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (3), ayat (5), dan ayat (7) tidak berlaku untuk pemeriksaan Tenaga Medis atau Tenaga Kesehatan yang dapat dimintai pertanggungjawaban atas dugaan tindak pidana yang tidak berkaitan dengan pelaksanaan Pelayanan Kesehatan.

Komentar