Cawapres Prabowo Disebut Jadi Penentu Kemenangan, Erick Thohir?

Graha Nusantara, Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dapat saja menjadi calon yang terkuat pada Pilpres 2024. Prabowo belum lama ini memperoleh tambahan dukungan dari Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Menurut Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto, peluang menang Prabowo pada Pilpres 2024 semakin besar. Tetapi, calon wakil presiden turut menjadi penentu. Erick Thohir dianggap sosok yang pas untuk mendampingi Prabowo.

“Karena peluang untuk menang (Pilpres 2024) Pak Prabowo dengan survei Pak Prabowo yang tinggi, pak Erick tinggi, kemudian masih muda, energik, punya prestasi, saya kira tepat kalau nanti Pak Prabowo ambil ET,” ujar Yandri, dikutip Rabu (16/8/2023).

Yandri menyampaikan hasil survei Erick Thohir sebagai cawapres belakangan ini menunjukkan tingkat elektabilitas tinggi pada sejumlah hasil survei. Hal tersebut lantaran usul nama Erick keluar dari PAN bukanlah suatu hal yang subjektif.

Hasil Survei Indikator Politik menunjukan Erick memperoleh posisi pertama sebagai cawapres pilihan publik pada survei yang berlangsung pada 20-24 Juni tersebut. Erick memperoleh suara 22,9%.

Nama Erick turut memperoleh hal yang sama pada survei yang diselenggarakan Lembaga Survei Indonesia (LSI) 1-8 Juli. Pada simulasi 24 nama cawapres Erick memperoleh posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 14,3%.

“PAN sangat objektif mengusulkan ET itu,” ujarnya.

Disisi lain, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto turut menyinggung perihal Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal cawapres Prabowo Subianto. Airlangga menyampaikan pilihan tersebut bergantung pada dinamika yang akan terjadi. Dirinya menilai masa ini merupakan babak terakhir penentuan kandidat pilpres.

“Ya ini kan the last chapter masih ada beberapa perkembangan. Kita lihat perkembangan selanjutnya,” ujar Airlangga.

Airlangga membeberkan masih belum mengambil keputusan spesifik terkait cawapres pendamping Prabowo. Tetapi, empat partai sudah satu suara untuk menentukannya bersama-sama.

“Kemarin baru kita buat kerja sama di mana keputusan strategis dibicarakan ketua umum empat partai,” ucap Airlangga.

Komentar