Ridwan Kamil & Mahfud Md Bertemu Bahas Ponpes Al-Zaytun Hasilkan Tiga Rekomendasi

Graha Nusantara, Jakarta – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengadakan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md dalam rangka membahas permasalahan Ponpes Al-Zaytun, Sabtu (24/6/2023) sore.

Ridwan Kamil menerangkan sejumlah hasil dari pertemuan tersebut pada Instagram pribadinya. Ridwan Kamil menyampaikan laporan progres kerja dari tim investigasi yang dibentuk Pemprov Jabar telah disampaikan kepada Mahfud.

“TERKAIT AL ZAYTUN, Tadi saya bertemu dengan Menkopolhukam Bpk Mahfud MD untuk melaporkan progres kerja dari Tim Investigasi yang dibentuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Melaporkan secara komprehensif dari kajian sejarah, kajian syariat, kajian intelijen, kajian hukum dan perundang-undangan dan kajian sosial budaya kemasyarakatan,” ujar Ridwan Kamil.

Pada pertemuan tersebut, menurut Ridwan Kamil terdapat tiga rekomendasi yang telah disepakati dan diharapkan sesuai dengan harapan masyarakat terkait permasalahan Al-Zaytun.

Tiga rekomendasi tersebut yaitu tindakan hukum pidana kepada individu terkait oleh Bareskrim Polri, tindakan hukum administrasi kepada institusi terkait dan tindakan mitigasi solutif kepada ribuan siswa santri terkait oleh Kementerian Agama serta tindakan preventif menjaga kondusivitas sosial dan wilayah oleh Forkopimda Jawa Barat.

“Finalisasi keputusan teknisnya akan disampaikan secara komprehensif oleh Pak Menko dalam waktu yang tidak terlalu lama. Demikian laporan sementara kepada masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Barat,” tulis Kang Emil.

“Insya Allah Jawa Barat kondusif, damai dan tetap tegak dalam bingkai Pancasila dan NKRI. Hatur Nuhun,” pungkasnya.

Komentar