Profil Jusuf Hamka, Pemilik Perusahaan yang Kemenkeu Tagih Utangnya

Graha Nusantara, Jakarta – Jusuf Hamka kini tengah menjadi perbincangan lantaran grup perusahaan yang dikepalainya ditagih hutang oleh Kemenkeu. Sebelumnya Jusuf Hamka sempat menagih utang kepada Kemenkeu.

Jusuf Hamka dikenal karena merupakan seorang pengusaha jalan tol di Indonesia. Bahkan dirinya disebut sebagai bapak tol Indonesia.

Bapak tol Indonesia ini lahir di Sawah Besar pada tanggal 5 Desember 1957. Nama aslinya adalah Alun Joseph sebelum berganti nama menjadi Mohammad Jusuf Hamka atau Jusuf Hamka setelah mualaf pada usia 23 tahun.

Dirinya merupakan anak dari Dr. Joseph Suhaimi S.H (Ayah) dan Suwanti Suhaimi (Ibu). Keduanya adalag guru dan dosen pada salah satu universitas di Jakarta.

Jusuf Hamka nerupakan tujuh bersaudara dengan dirinya yang merupakan anak keempat. Sejak kecil dirinya telah berdagang berbagai jenis makanan salah satunya berdagang di sekitar Masjid Istiqlal.

Berdagang di sekitar masjid membuatnya memiliki banyak teman muslim. Hingga pada akhirnya dirinya mulai tertarik pada islam dan menjadi mualaf dan dibimbing oleh Buya Hamka.

Kini dirinya merupakan pemilik dari PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP). Perusahan tersebut adalah perusahaan yang turut berperan pada pembuatan jalan tol Cawang-Tanjung Priok. Jusuf Hamka turut dikenal karena merupakan salah satu pengusaha terkaya di Indonesia pada bisnis pada bidang jalan tol.

Selain itu, dirinya juga menduduki posisi Komisaris pada sejumlah perusahaan terkenal di Indonesia yaitu menjadi Komisaris Utama PT Mandara Permai, Komisaris PT Indosiar Visual Mandiri, dan lain sebagainya.

Komentar