Sugeng Hariyono Disebut Terpilih Jadi Pj Gubernur Banten, Kalahkan Dua Nama

Graha Nusantara, Banten – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sugeng Hariyono kini tengah menjadi perbincangan. Sebab, anak buah Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian tersebut disebut akan menjadi penjabat (Pj) Gubernur Banten.

Sugeng disebut akan menggantikan Al Muktabar menjadi Pj Gubernur Banten yang sebentar lagi akan lengser. Menurut informasi yang beredar keputusan tersebut telah ditetapkan oleh Tim Penilai Akhir (TPA).

Berdasarkan informasi yang beredar Sugeng berhasil mengalahkan dua orang yang DPRD Provinsi Banten usulkan kepada Mendagri Tito Karnavian yang diteruskan ke TPA. Kedua orang tersebut yaitu Al Muktabar (Pj Gubernur Banten) dan Agus Sudrajat dari Lembaga Adminstrasi Negara (LAN).

“Dari tiga nama yang diusulkan oleh DPRD yang terpilih adalah Pak Sugeng Hariyono. Mungkin dengan pertimbangan bahwa jabatan Pj Gubernur Banten tidak terlalu lama. Berbeda dengan jabatan definitif yang dipilih langsung oleh rakyat,” ujar seorang sumber.

Meskipun Al Muktabar tidak terpilih tetapi, kepangkatan yang dimilikinya tidak bermasalah. Hal tersebut karena Al Muktabar masih tercatat sebagai Widyaiswara Utama di BPSDM Kemendagri.

“Pj Gubernur Banten yang sekarang, kan, masih tercatat sebagai Widyaiswara Utama di BPSDM,” terangnya.

Disisi lain, mantan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Soni Soemarsono menyampaikan tak terpilihnya Al Mukhtabar sebagai Pj Gubernur Banten kembali bukanlah karena kinerjanya yang tak sesuai dengan target presiden.

“Melainkan, Presiden tidak ingin masa jabatan Pj itu terlalu lama,” ujarnya.

Mantan Plt Gubernur DKI Jakarta tersebut menyampaikan bahwa dirinya mengenal Sugeng Hariyono. “Dari sisi Kepegawaian tidak ada persoalan seandainya Al Muktabar kembali menjadi sekda definitif atau kembali menjadi Widyaiswara Utama di BSDM Kemendagri. Ketika saya dulu menjadi dirjen di Kemendagri juga banyak senior atau atasan saya yang kemudian menjadi bawahan saya dan itu hal biasa di PNS. Kembali lagi kepada pribadi Al Muktabar, apakah secara psikologis akan terganggu atau tidak. Karena, biasanya, dia menjadi Pj Gubernur dan lantas jadi sekda harus melayani Pj Gubernur yang baru,” terang Soni.

Menurutnya, apabila Al Muktabar terganggu secara psikologis maka dirinya dapat memilih untuk kembali menjadi Widyaiswara Utama di BPSDM Kemendagri. Sugeng Hariyono pun hingga kini masih belum memberikan keterangannya mengenai kabar ini.

Komentar