Program Pengalihan ke Kompor Listrik Resmi Dibatalkan

Graha Nusantara, Jakarta – Program pengalihan kompor LPG 3 kg ke kompor listrik resmi dibatalkan. PLN melakukan pembatalan program ini dengan tujuan menjaga kenyamanan masyarakat dalam pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“PLN memutuskan program pengalihan ke kompor listrik dibatalkan. PLN hadir untuk memberikan kenyamanan di tengah masyarakat melalui penyediaan listrik yang andal,” tutur Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, dalam keterangan tertulis, Selasa (27/9/2022).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga memutuskan bahwa tarif listrik tidak jadi mengalami kenaikan.

“Tidak ada kenaikan tarif listrik. Ini untuk menjaga peningkatan daya beli masyarakat dan menjaga stabilitas ekonomi,” ujar Darmawan.

Pemerintah turut memastikan bahwa daya 450 Volt Ampere (VA) tidak dihapuskan. Selain itu rencana pengalihan daya listrik dari 450 VA menjadi 900 VA juga tidak jadi diterapkan sehingga tarif listrik tetaplah sama bagi masing-masing golongan.

“Keputusan Pemerintah sudah sangat jelas. Tidak ada perubahan daya dari 450 VA ke 900 VA dan PLN siap menjalankan keputusan tersebut. PLN tidak pernah melakukan pembahasan formal apapun atau merencanakan pengalihan daya listrik 450 VA ke 900 VA. Hal ini juga tidak ada kaitannya dengan program kompor listrik,” tegas Darmawan.

Komentar