Profil Budi Hartanto, Kasetpres Calon Pj Gubernur DKI Jakarta

Graha Nusantara, Jakarta – Budi Hartanto yang merupakan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) yang saat ini juga merupakan seorang calon Pj Gubernur DKI Jakarta.

Dirinya bukan satu-satunya nama yang diajukan. Terdapat nama-nama lainnya yang diajukan Kemendagri kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Nama-nama lainnya yaitu Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar serta Sekertaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali.

Pada tahun 1993, dirinya mengawali karir pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan menjabat sebagai staf khusus Wali Kota Jakarta Utara. Pada tahun 2014, dirinya dipercaya menjabat Wali Kota Jakarta Utara.

Tak sampai disitu, pada tahun 2016, dirinya menjabat sebagai Kepala Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta.

Pria ini merupakan seseorang yang dekat dengan Presiden Indonesia Jokowi dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok hingga pada tahun 2017 dirinya hampir terpilih menjadi calon wakil Gubernur DKI Jakarta bersama dengan Ahok.

Pada waktu itu, Ahok ingin mencalonkan diri melalui jalur independen dengan wakil Budi tetapi niat tersebut gagal lantaran Ahok memilih mencalonkan diri pada Pilkada DKI Jakarta melalui jalur partai sehingga Budi gagal maju bersama dengan Ahok.

Nama Budi muncul sebagai salah satu calon Pj Gubernur DKI Jakarta karena disebutkan langsung oleh Ketua Fraksi PDI-P DKI Jakarta Gembong Warsono lantaran Budi telah lama berkecimpung di Pemprov DKI.

Komentar