Profil Marullah Matali, Sekda DKI Calon PJ Gubernur Jakarta

Graha Nusantara, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengakhiri masa jabatannya pada 16 Oktober 2022 mendatang. Sedangkan pemilihan Gubernur DKI Jakarta baru akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang sehingga Pj Gubernur DKI untuk menggantikan Anies haruslah segera ditunjuk.

Muncul beberapa nama, salah satu nama yang telah diajukan menjadi calon Pj Gubernur DKI Jakarta adalah Marullah Matali. Nama Matullah diajukan oleh Mendagri kepada Presiden Joko Widodo karena dianggap memenuhi syarat administratif.

Pemilih nama lengkap H. Marullah Matali, Lc., M.Ag meruppakan seorang kelahiran Jakarta 27 November 1965. Pada tahun 1996, dirinya mengawali karir di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pada tahun 2018-2021 dirinya menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan. Selam menjabat berbagai terobosan dilakukan oleh Maruli salah satnya adalah Program Jakarta Magrib Mengaji.

Matullah pernah menjabat sebagai Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan serta pernah juga bertugas menjadi Kepala Biro Pendidikan dan Mental Provinsi DKI Jakarta. Saat ini Matullah merupakan Sekertaris Daerah DKI Jakarta.

Orang nomor 3 di DKI Jakarta ini merupakan lulusan University Basra, Arab Saudi dengan program studi Agama Islam untuk S1 dan melanjutkan studi untuk program masternya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan program studi Hukum Islam.

Beberapa penghargaan diperoleh Matullah seperti pada tahun 2011 dirinya mendapat Penghargaan Masa Kerja 15 Tahun dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Pada tahun 2012, dirinya mendapat Penghargaan Satyalancana Karya Satya Kelas 1 dari Presiden RI.

Komentar