Bobby Nst Serap Aspirasi Warga Medan Belawan

Grahanusantara.co.id, Medan – Bobby Nst lakukan kegiatan Sapa Lingkungan di Kantor Camat Medan Belawan. Serap aspirasi dari sejumlah warga Medan Belawan pada Jumat (19/8/2022).

Fuad warga Kelurahan Belawan I mengungkapkan bahwa narkoba dan tawuran masih menjadi masalah serius di lingkungan tempat tinggalnya.

“Narkoba selama ini menjadi pemicu terjadinya tawuran. Bahkan, tawuran yang sering terjadi sepertinya memang sengaja diciptakan agar (isu) narkoba luput dari pemantauan (pemerintah),” ujar Fuad.

Setelah menyampaikan masalah social yang itu, Fuad juga mengatakan bahwa banjir juga menjadi masalah lingkungan sampai saat ini. Maka ia berharap Bobby dapat mengatasi persoalan banjir di wilayah Medan Belawan.

Sementara itu, warga Lingkungan VIII Kelurahan Belawan Bahari, Ali Amron, menyoroti masalah banjir yang sering dihadapi warga di kelurahannya. Ia berharap pemerintah segera membuat gorong-gorong dan pintu air di sekitar parit Pertamina yang dinilai kerap memicu banjir. “Ini permasalahan berat yang kami hadapi, Pak Wali Kota. Tidak hanya warga Lingkungan VIII, warga Lingkungan VI, Lingkungan VII, Lingkungan IX, dan Lingkungan X juga mengharapkan agar permasalahan banjir ini dapat segera diatasi,” ujarnya.

Tak hanya itu, Ali Amron juga meminta Pemkot Medan membangun akses jalan yang lebih baik untuk masyarakat dengan membangun terowongan dari Jalan Utama sampai Gudang Arang dan Titi Labuhan. Dia menyebut tak mendapat perbaikan jalan di area tersebut selama 18 tahun terakhir. Sementara itu, warga Kelurahan Belawan Bahari, M Nur Arifin Lubis, mengeluhkan masalah banjir luapan dari Sungai Deli. Menurutnya, banjir disebabkan pintu air Sungai Deli yang tidak berfungsi secara maksimal sehingga volume air sulit dikontrol hingga meluap.

Di tempat yang sama Bobby pun menyambut baik berbagai keluhan, saran, dan apresasi yang disampaikan oleh warga pada kegiatan Sapa Lingkungan tersebut.

“Harus kita sepakati bahwa tawuran dan narkoba harus kita perangi bersama. Sebab, untuk mengatasinya tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah maupun aparat TNI dan Polri semata. Warga harus ikut mendukung,” kata Bobby.

Bobby menjelaskan bahwa tawuran dapat terjadi kapan saja, baik siang maupun malam hari. Untuk mencegah tawuran terjadi, kontribusi masyarakat dinilai sangat diperlukan dengan menciptakan lingkungan yang kondusif. Sementara untuk mengatasi masalah narkoba, Bobby menyatakan Pemkot Medan akan lebih aktif mengedukasi masyarakat agar terkait dampak negatif narkoba.

Bobby juga meminta agar masyarakat lebih kooperatif dalam upaya penanganan narkoba. Salah satu upaya yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan melapor ke pihak berwenang jika mengetahui adanya penyalahgunaan narkoba di lingkungan tempat tinggalnya.

“Berikan data dan informasi yang detail. Dengan demikian, begitu mendapat laporan, Polres Belawan bisa cepat bergerak ke lokasi. Masifkan upaya ini terus-menerus,” paparnya. Sedangkan terkait persoalan banjir, Bobby mengatakan pembahasan program penanganan banjir akan disampaikan setelah ia menetap berkantor di Medan Belawan. “Pembahasan programnya terlalu teknis sehingga tidak cukup waktu untuk membahasnya. Nanti kita bahas setelah saya berkantor di sini (Medan Belawan),” ungkapnya.

Komentar