Untuk Independensi, Menteri Kominfo Ingin RI Punya Search Engine Sendiri

Graha Nusantara, Jakarta – Search engine atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai mesin pencaharian saat ini tengah menjadi perbincangan lantaran Menteri Kominfo Johnny Plate memiliki impian Indonesia memiliki search engine sendiri.

Memiliki search engine sendiri bukanlah hal yang mudah tetapi Menteri Kominfo menyatakan tetap berkeinginan untuk memilikinya dengan alasan independensi.

“Idealnya untuk ke independensi tentu punya search engine [sendiri]. Ada banyak negara yang mempunyai search engine [sendiri], AS, Tiongkok, Rusia, Prancis, punya masing masing,” ujar Johnny dilansir dari cnbcindonesia.com

Johnny juga menyatakan akan baik jika Indonesia memiliki search engine sendiri.

“Namun kita tentu suatu saat nanti kalau bisa mempunyai search engine kan baik juga” ucap Johnny.

Menteri Kominfo ini menjelaskan jika persiapan pengembangan search engine ini masih belum dilakukan dikarenakan saat ini Indonesia masih berfokus pada penanganan Covid-19. Pengembangan ini memerlukan biaya dan waktu yang tidak sedikit pastinya.

Sebelumnya, masyarakat membicarakan mengenai search engine buatan anak bangsa yaitu Gatotkaca yang bisa diakses melalui https://gatotkaca.mooo.info. masih belum diketahui siapa pengembang aplikasi ini dan Kominfo saat ini masih belum melakukan pengembangan mengenai search engine.

Johnny Plate, dalam kesempatan yang sama juga menjelaskan mengenai rencana pembuatan SuperApps yang ditujukan untuk pemerintah.

Rencananya pemerintah akan menyatukan aplikasi yang saat ini berjumlah 24.700 aplikasi menjadi 8-9 aplikasi saja sehingga akan terintegrasi dalam satu aplikasi.

“Ini super aplikasi ini begini, kan ada beberapa aplikasi pemerintah yang besar, yang saat ini sudah berfungsi dengan baik. Ya itu tidak perlu dirombak gitu. Itu tinggal diintegrasikan, misalnya di aplikasi keuangan, Kementerian Kesehatan, atau ada beberapa sekitar 8-10 aplikasi besar itu tinggal disatukan,” terangnya.

Saat ini SuperApps masih dalam tahap persiapan dan untuk pelaksanaannya masih belum diketahui dikarenakan masih dalam tahap penyusunan anggaran.

“Sekarang ini kan sedang menyusun anggaran ini. Nanti saya sampaikan diminta tahunya anggarannya enggak ada,” jelas Johnny.

Komentar