Frankie de Jong Akui Barca Gagal Musim Ini

Grahanusantara.co.id, Barcelona – Gelandang Barcelona Frankie de Jong mengaku bahwa Barcelona telah gagal musim ini, ia juga terkejut dengan apa yang terjadi kepada Barcelona sekarang.

Meski begitu ia yakin Barcelona akan segera bangkit ke level terbaiknya, menurutnya Barcelona tetaplah Barcelona yang merupakan tim besar Eropa.

“Aku terkejut sih [dengan kesulitan yang dialami Barcelona sekarang], tapi aku percaya Barcelona adalah klub hebat. Memang bukan yang terbaik untuk sekarang, tapi masih klub terindah di dunia,” ucap De Jong mengatakan kepada NOS.

“Barca masih klub yang sama, tapi banyak hal sudah berubah. Kupikir ada empat manajer sejak kedatanganku, mungkin tiga… atau lima. Seorang presiden klub datang, banyak pemain yang pergi. Jadi, ya memang banyak hal sudah berubah.”

“Ya, ini adalah sebuah musim yang gagal. Kami tersingkir dari Liga Champions, kami tersingkir dari Copa del Rey, dan sedang tertinggal 14 poin dari Real Madrid,” ungkap dia.

Gelandang top Belanda itu digaet Barca dari Ajax pada musim panas 2019. Tidak bisa dipungkiri De Jong bergabung di saat performa Blaugrana tidak lagi sehebat satu dekade silam.

Pesepakbola berusia 24 tahun itu sudah membuat 119 penampilan untuk Barca dengan sumbangan 11 gol dan 14 assist. Namun, pencapaian De Jong bersama Barcelona baru sekali memenangi Copa del Rey pada 2020/2021.

Kepergian Lionel Messi di musim panas lalu membuat Barcelona bisa dibilang berada dalam titik nadir. El Barca kesulitan bersaing di LaLiga setelah tertinggal jauh dari Real Madrid di puncak klasemen. Selain itu Barca didepak Athletic Bilbao di babak 16 besar Copa del Rey usai kalah 2-3 di babak perpanjangan waktu, serta sudah tersingkir di fase grup Liga Champions sehingga mesti ‘turun kasta’ ke Liga Europa.

Selepas jeda internasional, Frenkie de Jong dkk langsung ditunggu tantangan berat. Barcelona mesti menjamu Atletico Madrid di lanjutan Liga Spanyol pada 6 Februari mendatang.