Tumbang dari Hertha Berlin, Dortmund Menutup 2021 dengan Menelan Pil Pahit

Grahanusantara.co.id, Berlin – Borussia Dortmund menelan pil pahit dalam menutup akhir tahun 2021, The Borussen gagal memangkas jarak dengan Bayern Munich usai terjungkal di kandang Hertha Berlin.

Borussia Dortmund harus menyerah dengan skor tipis 2-3 dari sang tuan rumah, kekalahan itu terasa menyakitkan mengingat Dortmund sangat mendominasi dalam jalannya laga

Memainkan pertandingan Liga Jerman di Olympiastadion, Minggu (19/12/2021) dinihari WIB, Dortmund membuang keunggulannya sebelum akhirnya kalah.

Die Borussen membuka skor pertandingan melalui Julian Brandt di babak pertama. Namun, Hertha Berlin comeback usai turun minum dengan mencetak tiga gol balasan dari Ishak Belfodil, dan sepasang gol Marco Richter.

Dortmund sempat memelihara asa dengan mencetak gol keduanya di 10 menit terakhir dari pemain pengganti Steffen Tigges. Namun, pada akhirnya Erling Haaland cs tidak terhindar dari kekalahan.

Dengan kekalahan ini, Dortmund tetap di peringkat kedua klasemen Bundesliga setelah mengoleksi 34 poin hasil 17 pertandingan. Dortmund tertinggal sembilan poin dari Bayern di posisi teratas. Sedangkan Hertha Berlin menempati peringkat 11 dengan perolehan 21 poin.

Pertandingan berjalan dalam tempo cukup tinggi setelah kickoff. Pada menit ke-15, Hertha mencetak gol ke gawang Dortmund tapi dianulir karena Belfodil dinyatakan offside.

Setelahnya, Dortmund justru berhasil unggul lebih dulu. Di menit ke-31, sodoran Erling Haaland di kotak penalti Hertha diteruskan Brandt dengan tembakan cukil yang melewati atas kepala Schwolow. Dortmund memimpin 1-0, skor yang bertahan sampai akhir babak pertama.

Usai restart Hertha Berlin mencetak gol balasan. Di menit ke-51, umpan Vladimir Darida menemui Belfodil di sayap kiri. Belfodil menggiring bola ke depan lalu menuntaskan dengan sepakan mendatar yang bersarang di sudut bawah gawang Dortmund.

Hertha Berlin cuma butuh enam menit untuk melahirkan gol keduanya sekaligus berbalik memimpin 2-1. Myziane Maolida melakukan sodoran pendek di area D kepada Richter yang diselesaikan dengan sepakan kaki kanan ke sudut atas gawang Dortmund.

Lowongnya pertahanan Dortmund dimanfaatkan Hertha Berlin. Setelah menerima umpan lambung, Nico Schulz berdiri bebas di tengah kotak penalti tapi penyelesaiannya saat tinggal berhadapan dengan Hitz ditepis.

Bola rebound jatuh di jalur Richter. Dari tepi kotak penalti, Richter menuntaskan dengan sepakan keras yang bersarang di tengah gawang Dortmund. Hertha kini unggul 3-1.

Asa Dortmund tumbuh lagi setelah mencetak gol balasan kedua di menit ke-83. Umpan silang Raphael Guerreiro dari sayap kanan ditanduk Tigges untuk menembus gawang Hertha Berlin.

Namun, sayangnya sampai pertandingan selesai Dortmund tidak dapat membuat gol lainnya sehingga Hertha Berlin berhak atas kemenangan 3-2.