Memahami Suhu Tubuh Yang Ideal

Graha Nusantara – Apakah penting memahami suhu tubuh?, ya, memahami suhu tubuh sangatlah penting, untuk mengetahui apakah tubuh anda terserang penyakit serius atau tidak, itulah pentingnya mengetahui suhu tubuh anda.

Hal yang harus di ketahui adalah, bahwa suhu tubuh orang normal bisa berubah sepanjang hari, tergantung pada aktivitas yang anda lakukan, dan biasanya suhu tubuh akan naik hingga 0,6 derajat sepanjang hari, salah satu contohnya disaat anda berolahraga suhu tubuh anda akan naik.

Beberapa ilmuan, telah melakukan penelitian yang dilakukan pada 35 ribu orang di inggris menunjukkan, bahwa suhu tubuh normal manusia adalah 36,6 derajat celcius, pengukuran tersebut dilakukan oleh para ilmuan didapat dari rata-rata 250 ribu pengukuran secara oral (lewat mulut).

“perbedaan yang teramati pada temperatur antara abad ke 19 dan sekarang adalah nyata dan perubahan selama itu memberikan petunjuk fisiologis penting pada perubahan kesehatan manusia dan harapan hidup sejak revolusi industri,” jelas para ilmuan di dalam laporan di Jurnal eLife dari Medicalnews today

Untuk menguji hipotesisnya, para ilmuan dari Stanfod University, menganalisis sejumlah data, diantaranya mencakup data tahun 1862-1930 dari veteran sekutu perang dunia, sedangkan data yang lainnya diambil dari riset kesehatan nasional Amerika Serikat antara tahun 1971-1975.

Sedangkan data yang paling mutakhir diambil dari Stanford Translational Research Integrated Database Environment dari rentang waktu 2007-2017, dengan total 677.423 pengukuran yang dilakukan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya di artikel ini, bahwa suhu tubuh manusia ditentukan oleh banyaknya faktor antara lain aktivitas fisik dan laju metabolisme. Penting untuk diketahui, bahwa infeksi dan penyakit tertentu juga mempengaruhi perubahan suhu tubuh. (*)