Sambutan Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional 2021

Grahanusantara.co.id, Medan – Pada hari ini, 2 Mei 2021, bangsa Indonesia sedang memperingati Hari Pendidikan Nasional 2021. Sebagaimana kita ketahui, bahwa pendidikan atau mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan kewajiban dari bangsa ini dan semua kita warga negara Indonesia. Tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar.

Ada dua kata kunci dalam tema ini yang perlu menjadi titik awal bagi kita untuk membangun dunia pendidikan kita di masa yang akan datang. Pertama, serentak bergerak. Filosofi bergerak (pergerakan), adalah filosofi dari Islam karena tidak ada satupun ajaran Islam yang tidak mengandung nilai pergerakan.

Bergerak bersama mengandung makna dinamis, kebersamaan, dan kesadaran bahwa dunia selalu berubah. Sehingga tantangan yang kita hadapi mengalami perubahan yang sangat cepat dan bersifat sulit diprediksi. Kesadaran bergerak bersama, menjadi modal kita untuk menghadapi setiap persoalan yang terjadi.

Kedua, merdeka belajar. Alhamdulillah, Indonesia saat ini mengalami kesadaran baru dalam merdeka belajar. Dunia pendidikan bersifat universal dan terbuka. Tidak lagi dibatasi oleh sekat, ruang dan strata sosial. Kita atau anak-anak kita, dapat mengakses perkembangan ilmu pengetahuan di mana saja. Bukan saja di ruang kelas, di sekolah, atau universitasnya, tapi dapat mengakses ilmu di manapun ilmu itu dapat diperoleh. Hal ini akan membawa bangsa Indonesia lebih maju di masa yang akan datang.

Merdeka belajar juga bagian integral, dari semangat paradigma pengembangan keilmuan UINSU, integrasi pengetahuan atau wahdatul ulum. Karena paradigma ini menuntun kita, bahwa semua ilmu karena bersumber dari Allah SWT, ilmu itu adalah satu atau kita sebut dengan wahdatul ulum.

Karena itu kesadaran terhadap Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar, harus menjadi kesadaran umum bagi kita terutama para akademisi dan civitas akademika universitas, khususnya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Kita harus bergerak bersama dan merdeka dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, membimbing kita, membantu kita, agar bangsa ini di masa yang akan datang lebih terpelajar sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia atau bahkan kita mempelopori perkembangan peradaban. Semoga Allah SWT menolong kita.

Wassalamualaikum Wr Wb

Prof Dr Syahrin Harahap, MA