Kunjungan DPRD Tangsel Ferdiansyah ke Program TPS-3R Pamulang

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tangerang Selatan (Tangsel) Ferdiansyah mengunjungi program pengolahan sampah yaitu Tempat Pengolahan Sampah – Reduce Reuse Recycle (TPS-3R) yang berada di Wilayah Pamulang, Selasa (16/3/2021).

Ferdiansyah berkunjung ke 3 lokasi program TPS-3R itu masih dalam masa reses I tahun anggaran 2021. ia kemudian menanyakan beberapa hal pada setiap pengelola TPS yang dikunjungi, salah satunya Ferdi menanyakan mengenai keluhan pada masing-masing Pengelola TPS itu.

Masing-masing keluhan di setiap TPS yang ferdi kunjungi semuanya memang sama intinya, yaitu mereka membutuhkan bantuan untuk pemeliharaan bangunan, membutuhkan kendaraan bermotor dab juga perlunya ada insentif untuk operator maupun pengelola TPS-3R dalam hal ini KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat).

Menurut Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu, program TPS-3R ini sangatlah bermanfaat karena dapat mengurangi jumlah sampah (residu) yang dibuang ke TPA Cipeucang. Menurutnya, ada potensi yang sangat besar dari program TPS-3R ini apabila dalam pengolahannya dilakukan dengan baik. ia memperhitungkan, jika 3R nya dilakukan dengan baik maka hanya kisaran 30-35% residu sampah yang dibuang ke TPAS (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) Cipeucang dari setiap lokasi TPS-3R.

Ferdiansyah juga berpesan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel agar lebih serius lagi dalam menangani masalah persampahan di Tangsel ini yang berbasis TPS-3R dan dengan memfasilitasi kebutuhan dari masing-masing TPS-3R.

“Baiknya Pemkot melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangsel serius menangani masalah persampahan ini dan harus lebih peduli terhadap kondisi masing-masing dari TPS-3R serta agar mencari formula terbaik supaya kedepannya masalah persampahan ini dapat menemukan titik terang, sampah di Tangerang Selatan ini jika tidak ditangani dengan serius, maka nantinya akan menjadi bom waktu yang kapan saja dapat meledak” tuturnya.