Untuk Evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess, Jokowi Tunggu Keputusan Jepang

Graha Nusantara – Presiden Jokowi  akan secepatnya memutuskan untuk mengevakuasi para 74 warga negara Indonesia (WNI) yang negatif terinfeksi virus Corona di Kapal Pesiar Diamond Princess. Tidak hanya cara evakuasi, jokowi juga akan mempersiapkan penempatan rumah sakit yang akan diputuskan.

“Apakah nanti dievakuasi dengan kapal rumah sakit langsung atau evakuasi dengan pesawat, ini belum diputuskan, saya kira secepatnya,” kata jokowi di Pekanbaru, (21/2).

Jokowi juga menjelaskan, bahwa pemerintah saat ini sedang menunggu keputusan Jepang untuk mengevakuasi WNI di Kapal Pesiar Diamond Princess yang negatif terinfeksi virus Corona.

“Jepang itu kita minta ini (evakuasi), minta itu tetapi di sana masih menjawabnya. Kita harapkan segera ada sebuah keputusan sehingga kita bisa langsung menentukan,” lanjut Jokowi

Sebelumnya Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyatakan kesiapan pemerintah untuk mengevakuasi 74 warga negara Indonesia (WNI) tersebut di Kapal Pesiar Diamond Princess. WNI yang akan dievakuasi sudah dinyatakan negatif terinfeksi virus COVID-19.

“Kami membicarakan tentang evakuasi ada beberapa opsi, intinya pemerintah punya komitmen kuat untuk itu dan akan koordinasi ke bapak Presiden,” ujar Menko Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, (20/2).

Keputusan untuk memulangkan ini diambil usai Menko Muhadjir melakukan rapat koordinasi bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hady Tjahjanto, Menteri Kesehatan Terawan Agus, Menkumham Yasonna Laoly, serta tim perwakilan BNPB. (*)