5 Tips Puasa Untuk Ibu Hamil

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Jika ibu dan janin dalam keadaan sehat, ibu diperbolehkan untuk berpuasa. Agar puasa tetap berjalan lancar saat hamil, berikut ini beberapa tips yang bisa ibu hamil lakukan saat berpuasa:

  • Penuhi kebutuhan gizi penting bagi ibu hamil saat puasa, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, dan kalsium. Sebisa mungkin, batasi konsumsi makanan/minuman yang manis dan berlemak tinggi serta kafein. 
  • Saat berbuka, makanlah secara perlahan. Mulailah dengan mengonsumsi buah-buahan seperti kurma, lalu santaplah makanan utama agar perut tidak kaget. Lalu, hindari mengonsumsi minuman dingin untuk mencegah peningkatan asam lambung yang membuat perut nyeri.
  • Upayakan untuk selalu berada di dalam ruangan yang sejuk dan penuhi kebutuhan cairan saat berpuasa untuk menghindari dehidrasi. Hindari pula minuman berkafein, seperti teh dan kopi yang bisa memicu dehidrasi.
  • Kelola stres sebaik mungkin saat berpuasa. Sebab, ibu hamil yang berpuasa cenderung memiliki hormon stres yang lebih tinggi. Tentu saja ini akan membahayakan ibu dan janin.
  • Hindari aktivitas yang terlalu berat dan perbanyak istirahat. Jika ibu hamil bekerja, ibu bisa beristirahat di sela waktu kosong atau meminta pengurangan jam kerja agar bisa beristirahat lebih lama.