Pemkot Tangsel Membuat Tandon Air Untuk Mengurangi Potensi Banjir

Grahanusantara.co.id, Tangerang Selatan – Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten, membangun tandon air di kawasan Puri Bintaro Hijau.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menjelaskan, tandon ini tersebut menjadi salah satu alternatif agar bisa mengurangi genangan air di Perumahan Puri Bintaro Hijau.

Sebab, kawasan pemukiman tersebut menjadi salah satu titik rawan terjadinya banjir di wilayah Tangerang Selatan.

“Kami telah membangun tandon ini sebagai ikhtiar kami dalam mengatasi masalah banjir,” ujar Airin dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (12/3/2021).

Airin mengeklaim bahwa Pemerintah Kota masih akan membangun tandon air di sejumlah titik lain untuk mengatasi banjir di Tangerang Selatan.

Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci jumlah tandon air yang akan dibangun maupun lokasinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Aries Kurniawan menjelaskan, tandon air di Pondok Bintaro Hijau yang memiliki 3.500 meter persegi itu mampu menampung sekitar 2.100 meter kubik air.

Pihaknya pun berharap fasilitas penampungan air tersebut kedepannya bisa mengendalikan banjir di wilayah Kecamatan Pondok Aren yang kerap terjadi saat curah hujan tinggi.

“Tandon ini mampu menampung sekitar 2.100 meter kubik air. Sehingga keberadaannya bisa membantu masyarakat untuk mengurangi titik genangan banjir pada saat curah hujan meningkat,” tutupnya.