Jokowi Minta TNI-Polri Untuk Kawal PPKM Mikro

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta TNI dan Polrimendukung penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro.

“Krisis kesehatan akibat COVID-19 belum usai, masih belum berakhir. Saya perintahkan kepada seluruh jajaran TNI dan Polri untuk terus aktif mendisiplinkan protokol kesehatan, 3M, dan juga aktif untuk mendukung 3T dan mendukung pelaksanaan PPKM skala mikro, PPKM di skala desa,” tutur Jokowi saat rapat Pimpinan TNI-Polri yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (15/2/2021).

Jokowi menekankan bahwa pengawasan protokol kesehatan di tingkat desa perlu dilakukan. Dia menegaskan bahwa TNI dan Polri memiliki satuan tugas hingga tingkat bawah.

“Kenapa ini perlu, karena di desa itu TNI memiliki Babinsa, di desa itu Polri memilik Bhabinkamtibmas,” tutur dia.

Jokowi berharap semua pihak bekerja terintegrasi dalam memutus mata rantai penularan Corona sehingga krisis akibat pandemi ini segera selesai.

“Kita harapkan semuanya bekerja terintegrasi kita harapkan rantai penyebaran COVID-19 cepat terputus dan krisis ini segera selesai,” jelasnya.

Lebih lanjut, Jokowi meminta TNI-Polri mendukung program vaksinasi massal. Jokowi menyebut vaksinasi massal bisa saja dilakukan di klaster tertentu seperti pasar hingga daerah dengan penularan Corona yang tinggi.

“Saya minta jajaran TNI-Polri untuk dukung vaksinasi massal. Vaksinasi memang dilaksanakan puskesmas, vaksinasi juga dilaksanakan di rumah sakit tapi perlu ada klaster-klaster tertentu vaksinasi dilakukan massal. Mungkin bisa di klaster pasar atau di klaster jasa ekonomi atau klaster kampung yang sudah memerah karena kecepatan itu dimiliki oleh TNI-Polri dalam mengelola setiap kedaruratan atau krisis yang ada,” katanya.

Jokowi mengatakan TNI dan Polri selalu menjadi garda terdepan dalam setiap bencana alam ataupun pandemi. Jokowi mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kerja TNI dan Polri itu.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran TNI dan Polri yang dalam setiap masa-masa sulit baik ketika terjadi bencana, termasuk pandemi COVID setahun ini TNI dan Polri selalu berada di depan, garda terdepan dalam penanganan setiap bencana maupun krisis. Langkah kita bukan hanya menyelesaikan krisis, tapi setiap krisis ada hikmah dan peluang. Ini yang harus kita manfaatkan untuk kemajuan bangsa,” terang Jokowi.