Mual Saat Hamil, Begini Cara Atasinya!

Grahanusantara.co.id, Tangerang – Mual saat hamil adalah kondisi yang wajar terjadi. Namun, kondisi ini bisa saja terjadi dalam tingkat yang parah dan mengganggu aktivitas ibu hamil. Mual pada ibu hamil juga dikenal dengan istilah morning sickness. Meski begitu, sebenarnya sensasi mual tidak hanya terjadi pada pagi hari, tapi juga bisa dialami pada siang hari, sore, hingga malam hari.

Biasanya, ibu hamil mengalami mual yang disertai dengan muntah, pusing, dan tubuh lemas. Penyebab paling umum kondisi ini adalah perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Biasanya, mual pada ibu hamil akan berangsur berkurang dan mereda seiring dengan bertambahnya usia kandungan. Namun, mual pada ibu hamil bisa sangat mengganggu dan sebaiknya tidak diabaikan karena bisa memicu penurunan nafsu makan dan berujung pada gangguan nutrisi selama hamil.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan mual yang bisa sekaligus dijadikan obat mual untuk ibu hamil, di antaranya:

• Mengatur pola makan, yaitu dengan sering makan tapi dalam porsi yang lebih kecil.
• Cukup minum air putih. Ibu hamil bisa membiasakan minum air putih setengah jam sebelum makan. Namun, hindari minum air putih di tengah-tengah makan karena bisa meningkatkan risiko munculnya mual.
• Minum air putih secara rutin tapi tidak memaksakan diri. Ibu bisa minum air putih secukupnya pada siang hari untuk menghindari dehidrasi alias kekurangan cairan di dalam tubuh.
• Konsumsi makanan kesukaan, selama jenis makanan ini tidak membuat mual pada ibu hamil semakin menjadi, misalnya karena memiliki aroma yang sangat tajam.
• Pilih makanan yang sudah dingin, hal ini akan lebih baik bagi ibu hamil dibanding makanan yang masih terlalu panas.
• Cukup istirahat di siang hari dan cukup tidur di malam hari.
• Jahe atau lemon bisa menjadi obat mual untuk ibu hamil. Sebab, aroma dari kedua makanan ini bisa membantu meredakan mual. Ibu hamil bisa mengonsumsi makanan atau teh yang terbuat dari jahe untuk mengatasi mual.
• Minta bantuan orang lain untuk memasak, sebab pada beberapa ibu hamil rasa mual bisa semakin menjadi akibat aroma makanan tertentu.

Selain mencoba sejumlah cara sebagai obat mual untuk ibu hamil, beberapa hal juga sebaiknya dihindari agar ibu hamil tidak sering mual. Biar tidak sering mual, ibu hamil sebaiknya tidak langsung berbaring setelah makan, jangan melewatkan jadwal makan, jangan konsumsi makanan pedas, dan cobalah untuk melakukan terapi atau konsumsi suplemen khusus.