Jack Ma Tak Lagi Pimpin Wirausaha China


Grahanusantara.co.id, Wuhan – Pengusaha sekaligus pendiri Alibaba Group, Jack Ma. Tidak dimasukkan dalam daftar pemimpin wirausaha Cina yang diterbitkan oleh surat kaba pemerintah.

Nama pengusaha paling terkenal di Cina itu tidak disebutkan dalam artikel halaman depan yang diterbitkan oleh Shanghai Securities News.

Sebaliknya, Ren Zhengfei dari Huawei Technologies, Lei Jun dari Xiaomi Corp, dan Wang Chuanfu dari BYD dipuji atas kontribusinya, menurut laporan Reuters, 2 Februari 2021.

Shanghai Securities News mengatakan ketika beberapa pengusaha yang dipuji pernah berperilaku seperti “pahlawan sembrono” untuk melepaskan diri dari sistem ekonomi lama dan kaku, mereka sekarang memimpin “sekelompok perusahaan yang menghormati aturan pembangunan dan mematuhi aturan pasar.”

Artikel Shanghai Securities News diterbitkan pada hari Selasa ketika Alibaba akan melaporkan pendapatan kuartalan terbaru. Raksasa niaga elektronik itu belum berkomentar.

Penghapusan nama Jack Ma adalah peristiwa terakhir setelah kabar dirinya menghilang dari publik, termasuk penyelidikan keuangan atas raksasa bisnisnya.

Penyebabnya adalah pidato Jack Ma pada 24 Oktober di mana dia mengecam sistem regulasi keuangan Cina, yang menyebabkan penangguhan IPO Grup Ant senilai US$ 37 miliar (Rp 518 triliun) hanya beberapa hari sebelum perusahaan raksasa fintech itu mendaftar.

Regulator Cina sejak itu meluncurkan penyelidikan anti-trust ke sektor teknologi yang berafiliasi dengan Alibaba, sementara peraturan yang lebih ketat untuk Ant Group juga sedang dipertimbangkan.

Jack Ma kemudian menghilang dari mata publik selama sekitar tiga bulan, memicu spekulasi tentang keberadaannya. Jack Ma muncul kembali bulan lalu dalam video selama 50 detik.

Sumber:

https://www.reuters.com/article/us-china-alibaba-jack-ma/chinese-state-newspaper-omits-jack-ma-from-list-of-entrepreneurial-leaders-idUSKBN2A20E1?il=0