Dortmun Ditahan Mainz 2-2

Grahanusantaram.co.id, Dortmun – Borussia Dortmund harus puas kala bermain imbang saat duel melawan Mainz, Hasil itu juga semakin membuat mereka sulit dalam mengejar Bayern Munich di puncak klasemen.

Tak ada pemenang pada partai Borussia Dortmund vs Mainz. Die Borussen yang tertinggal dulu, harus puas diimbangi 1-1 tim zona degradasi itu.

Pada pertandingan di Signal-Iduna Park, Sabtu (16/1/2021) malam WIB, Dortmund tampil dominan dengan 73 persen ball possesion dan membuat 17 attempts, tapi hanya tujuh on goal.

Sementara, Mainz bikin sembilan attempts dengan tiga on target.
Mainz unggul duluan pada babak kedua, tepatnya di menit ke-57 lewat Levin Oztunali sebelum disamakan Thomas Meunier pada menit ke-73.

Dortmund yang cuma menambah satu poin tertahan di posisi keempat dengan 29 poin dari 16 laga.
Sementara Mainz masih di posisi ke-17 dengan tujuh poin.

Jalannya pertandingan
Baru dua menit laga berjalan, Dortmund sebenarnya bisa menjebol jala Mainz lewat sepakan kaki kiri Erling Haaland. Tapi, VAR menganulir gol tersebut karena ada pemain Dortmund yang lebih dulu offside.

Setelah itu, Dortmund dan Mainz saling bertukar serangan. Mainz meski ada di posisi juru kunci tak gentar meladeni perlawanan Dortmund. Jonathan Burkardt nyaris mencetak gol di menit kesembilan andaikan bola sepakannya tak melebar.

Pada menit ke-23, Julian Brandt punya kans bikin gol. Mendapat ruang tembak di kotak penalti, bola ditembak Brandt ke pojok gawang tapi bisa ditepis Robin Zetner di bawah mistar Mainz.

Begitu pula dengan sepakan keras Raphael Guerreiro pada menit ke-36 dari luar kotak penalti dan mengarah ke pojok atas gawang, tapi Zetner dengan sigap mengadangnya.

Hingga turun minum, skor 0-0 bertahan. Masuk di babak kedua, Dortmund masih mendominasi permainan dengan membuat beberapa peluang tapi pertahanan Mainz sulit ditembus.

Yang ada Mainz malah mengejutkan Dortmund ketika unggul pada menit ke-57. Levin Oztunali mendapat bola dari lini belakang di sisi kanan penyerangan Mainz, dan mampu mengecoh dua pemain.

Setelah itu, Oztunali melepaskan sepakan kiri dan bola mengarah ke pojok kiri atas gawang Roman Buerki. Tertinggal 0-1, Dortmund makin bernafsu mencari gol.

Tapi, Mainz juga nyaris menggandakan skor andaikan tandukan Alexander Hack di menit ke-64 tak membentur mistar. Dortmund akhirnya bisa menyamakan skor 1-1 pada menit ke-74.

Diawali kegigihan Youssof Moukoko dalam mempertahankan bola agar tak keluar garis, lalu umpan tariik dikirim ke depan gawang dan disapu oleh bek Mainz. Sayangnya sapuan itu kurang sempurna dan berhasil disepak Thomas Meunier ke pojok kanan gawang.

Dua menit kemudian, Meunier berandil memberikan penalti untuk Dortmund ketika tusukannya berujung pelanggaran oleh Hack. Sayangnya, eksekusi penalti Marco Reus melebar ke sisi kanan.

Danny Latza nyaris membawa Mainz unggul di menit ke-79 andaikan sepakannya dari jarak dekat, memanfaatkan kemelut di pertahanan Dortmund, tak membentur tiang dan dihalau keluar kotak penalti.
Tak ada gol teripta lagi hingga laga berakhir dan Dortmund harus puas bermain imbang 1-1.