Bermain Medsos Berlebihan Berpotensi Oversharing Terhadap Seseorang

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Seiring perkembangannya zaman, teknologi kian hari semakin berkembang dan semakin canggih, terlebih lagi bahkan seseorang bisa memenuhi keinginannya sendiri walaupun hanya duduk manis sambil menggenggam smartphone dan tinggal klik, lalu beberapa saat kemudian sesuatu yang diinginkannya akan sampai ke rumah. Pada intinya segala hal serba canggih akibat pesatnya perkembangan zaman, juga serba instan dan praktis.
Oversharing adalah terlalu banyak berbagi kehidupan pribadi di laman media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau Path, baik itu untuk memamerkan aktivitas harian, atau sekadar iseng. Tentu saja, ini bukan hal yang baik, karena oversharing juga menjadi salah satu tanda kecanduan media sosial.

Ironisnya, sebagian besar orang yang melakukan oversharing justru tidak menyadari bahwa mereka telah melakukannya. Padahal, tak semua orang yang terkoneksi dengan akun media sosial kamu adalah teman. Kamu bisa menemukan orang-orang yang sama sekali asing dan belum pernah kamu temui sebelumnya. Bermodal satu hobi atau kesamaan, kamu dan orang asing itu bisa terhubung lewat internet dan dunia maya.

Mendapatkan informasi pun sekarang jauh lebih cepat. Dulu, kamu perlu membeli koran hari ini untuk mengetahui berita yang terjadi kemarin. Kini, tinggal klik, kamu sudah bisa mengetahui apa yang terjadi beberapa menit yang lalu. Terlebih dengan munculnya berbagai laman media sosial.

Namun, ternyata banyak orang yang memanfaatkan laman dunia maya ini tanpa berpikir panjang dan cenderung tidak bijak. Terbukti dengan banyaknya berita yang belum tentu benar, aksi saling menghujat, dan berbagai informasi negatif. Tak sedikit pula yang menggunakannya untuk mengumbar berbagai cerita pribadi. Kalau kamu termasuk salah satunya, hati-hati oversharing, ya.

Setiap orang pasti punya masalah, termasuk kamu. Bercerita dengan orang-orang terdekat memang disarankan, karena dengan begitu kamu bisa terhindar dari bahaya stres yang berujung pada depresi. Selain itu, berbagi juga menjadi salah satu cara untuk mempererat hubungan kamu dengan orang lain secara emosional.

Namun, bukan berarti kamu bisa berbagi atau bercerita di laman media sosialmu, meski hampir semua teman yang berada di daftar pertemanan kamu adalah teman-teman dekatmu. Seorang profesor dari DePaul University Chicago, Paul Booth mengemukakan bahwa interaksi yang dilakukan melalui media sosial adalah bentuk ikatan lemah, karena kamu tidak terhubung secara langsung atau bertatap muka dengan lawan bicara.

Oversharing sebagai bentuk dampak kecanduan media sosial tentu harus diwaspadai, karena ini akan menunjukkan bahwa kamu sudah mengumbar kehidupan pribadi secara tak langsung pada orang-orang yang bahkan tidak kamu kenal dengan baik. Inilah yang kemudian memicu tindak kriminal. Sebuah studi menunjukkan bahwa tindak kejahatan tertinggi berasal dari interaksi yang terjadi lewat media sosial.

Selain itu, hati-hati, perilaku oversharing kadang-kadang juga bisa disebabkan oleh perasaan fear of missing out (FOMO) atau takut ketinggalan. Melihat orang lain melakukan sesuatu tanpa kamu bisa memberikan kesan bahwa hidup orang lain jauh lebih baik daripada kehidupan kamu. Misalnya, bila kamu sering melihat foto liburan atau gaya hidup teman yang nampak mewah dan menyenangkan, kamu mungkin tergoda untuk membagikan foto-foto kamu juga agar terlihat menarik atau dikagumi oleh teman-teman kamu.

FOMO diketahui memiliki peranan besar pada oversharing dan seringkali memberikan efek merugikan yang lebih besar pada kesehatan mental, yaitu ketidakpuasan yang ekstrim. Bila kamu tidak menerima jumlah likes atau komentar seperti yang kamu harapkan, kamu bisa merasa kecewa, stres atau bahkan berpikir bahwa kamu tidak disukai oleh teman-temanmu. Itulah mengapa oversharing sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan mental, seperti depresi atau gangguan kecemasan.

Oversharing pun juga bisa menjadi tanda kondisi kesehatan mental, karena mengumbar kehidupan di sosial media bisa menjadi cara untuk memuaskan diri sendiri dengan mendapatkan perhatian dari orang-orang yang berpikiran sama yang mendorong kamu untuk menikmati perilaku tidak sehat.

Perlu diingat bahwa tidak semua hal harus kamu umbar di laman media sosial, yang artinya, tak semuanya yang kamu lakukan dalam keseharian kamu harus dipublikasikan ke semua orang. Jadi, pikirkan baik-baik sebelum kamu mulai mengetik dan posting sesuatu pada akun media sosialmu. Mungkin kamu berpikir tidak ada salahnya mempublikasikan satu atau dua hal. Tapi sekali lagi, kamu tidak pernah tahu siapa yang membaca dan menggunakannya di kemudian hari.

Ketika kondisi hati dan diri seseorang sedang tidak karuan, alangkah lebih baiknya ia menjauh sesaat dari gadget atau smartphone. Atau bisa juga jika ingin meredam amarah dan emosi cari kesibukan dengan membaca buku. Nyatanya, mereka orang-orang yang oversharing berasal dari orang-orang yang galau atau kondisi hati dan diri sedang tidak karuan.