Turbin SJ182 Berhasil Dievakuasi dan Tiba di JICT II

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Intruski Presiden Jokowi untuk melakukan pencarian pesawat SJ180 beserta kru dan penumpang masih terus upayakan oleh petugas.
 
Tim gabungan berhasil mengevakuasi turbin pesawat Sriwijaya Air SJ182. Turbin itu dibawa ke Pelabuhan JICT II menggunakan KRI Cucut.

Turbin tiba di Pelabuhan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (10/1/2021) pukul 22.10 WIB. Komandan KRI Cucut, Mayor Laut Orri Ronsumbre, mengatakan turbin ditemukan di sekitar KRI Rigel.

“Turbin ini ditemukan di sekitar KRI Rigel dengan sonar 3 dimensi,” kata Orri, dalam keterangan tertulisnya.

Selanjutnya, turbin tersebut diserahkan kepada Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Rasman selaku SAR Mission Coordinator (SMC). SMC kemudian menyerahkan semua ke KNKT untuk penyelidikan lebih lanjut.

Seperti diberitakan sebelumnya, pesawat Sriwijaya SJ-182 route Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada Sabtu (09/1/2021) sore sekitar pukul 14.40 WIB.

Pasawat yang bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta tersebut mengangkut penumpangsebanyak 62 penumpang, terdiri dari 6 awak aktif, 40 dewasa, 7 anak-anak, 3 bayi dan 6 awak sebagai penumpang.

Kondisi pesawat ditemukan dalam keadaan hancur berkeping-keping. Puing-puing pesawat berserakan di dasar laut.
Lumpur tipis tampak menutupi bagian badan. Diduga kuat pesawat berada di kedalaman 23 meter.

Beberapa bagian tubuh jenazah yang ditemukan segera dievakuasi oleh tim gabungan dan diserahkan ke RS untuk segera identifikasi, terdapat juga beberapa penemuan KTP penumpang SJ182 yang jatuh tersebut.