Tinjau Pelabuhan Patimban, Menhub Ucap Minggu Ke-3 November Selesai

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan berkunjung memantau  pembangunan tahap satu pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. Peninjauan dilakukan menggunakan kapal nelayan untuk mengecek persiapan pembukaan tahap awal pelabuhan yang ditargetkan selesai pada minggu ketiga bulan depan.

“Ini tinjauan terakhir sebelum nanti kami soft opening, minggu ketiga November tahap pertama harusnya sudah selesai pembangunan pertama dan operasional terbatas,” kata Budi melalui keterangan tertulis, Sabtu (31/10/2020).

Budi mengatakan pelabuhan yang secara fisik akan memiliki bangunan dan kapasitas sebesar Tanjung Priok ini akan menjadi salah satu pelabuhan yang mengedepankan penggunaan teknologi dan sistem digital dalam pengoperasiannya. Nantinya, semua sistem dapat terintegrasi secara digital serta dapat diakses real time sehingga tidak terjadi penumpukan proses logistik.

Untuk tahap pertama, obyek fisik yang direncanakan siap beroperasi adalah terminal peti kemas sepanjang 150 meter, lapangan peti kemas seluas 35 hektare (ha) dengan kapasitas 250.000 TEUs (twenty-foot equivalent unit), dan terminal kendaraan 300 meter dengan kapasitas 218.000 CBU.

“Nanti akan menangani terminal kendaraan serta otomotif dan bongkar-muat peti kemas,” ujarnya.