Soal Ekspor Batu Bara, Jokowi: Harus Segera Diakhiri

Grahanusantara.co.id, Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta ekspor batu bara dihentikan hal ini ia lontarkan dalam rapat terbatas kabinet pada pagi ini, Jumat (23/10/2020).

Presiden Jokowi menginginkan agar komoditas tambang ini bernilai tambah terlebih dahulu sebelum diekspor.

“Kita sudah lama sekali mengekspor batu bara mentah ini. Saya kira memang harus segera diakhiri,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan percepatan peningkatan nilai tambah batu bara melalui video conference di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (23/10/2020).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan juga mengungkapkan rencana pemerintah untuk mengurangi ekspor batu bara karena akan lebih banyak dimanfaatkan di dalam negeri untuk kegiatan hilirisasi. Dengan demikian, batu bara juga menjadi komoditas bernilai tambah.

Dia mengatakan, batu bara akan diubah menjadi sejumlah produk seperti methanol yang dapat dijadikan campuran untuk biodiesel (Fatty Acid Methyl Esters/ FAME), lalu Dimethyl Ether (DME) yang bisa digunakan sebagai substitusi LPG.

“Batu bara Indonesia saat ini lebih banyak diekspor. Kita juga ingin mengubahnya, meng-convertnya juga agar kita punya nilai tambah jadi DME, methanol, dan lain-lain. Produk turunan bernilai tambah 2-3 kali,” tuturnya dalam acara INDY FEST 2020 dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-20 PT Indika Energy Tbk yang ditayangkan dalam kanal YouTube Netmediatama kemarin, Senin (19/10/2020).