Ketahanan Pangan Modal Kekuatan Rakyat

Grahanusantara.co.id, Medan – Lokasi Tempat pembuangan sampah di TPA Terjun Marelan, Kota Medan disulap menjadi lokasi pertanian dan Agro wisata. Hal ini dilakukan dilakukan sekelompok anak muda yang mempunyai latarbelakang berbeda.

Irwansyah Putra Nasution, (35) salah satunya. Pria yang berprofesi sebagai jurnalis dan kini mendirikan media online dan tv sendiri, berkantor di Taman Setia Budi Indah, mengaku terpanggil untuk bercocok tanam memanfaatkan lahan atau gunung sampah menjadi lokasi produktif pertanian.

“Saya terpanggil untuk bertani, saya ini sarjana hukum. Dari awalnya 10 tahun jadi jurnalis dan kini mulai belajar bertani,” katanya.

Membangun ketahanan pangan merupakan salah satu modal kekuatan rakyat. Lanjut pria yang biasa disapa Ibey ini, untuk membangun negara yang kuat, maka ekonomi harus dikuatkan, terutamanya ekonomi rakyat.

Ini lah yang kami lakukan, dengan semangat yang ada, motivasi dari orang tua, bapak dan abang kami Kabaharkam Polri Komjen Agus Androanto. “Alhamdulillah, beliau selalu support. Apalagi ketahanan pangan merupakan kebijakan Presiden dan Polri untuk bertahan ditengah pandemi covid 19 saat ini,” ucapnya.

Selain dirinya, Ibey yang juga Ketua Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia Wilayah Sumatera Utara (Prima DMI Sumut) menceritakan, kelompok ini menamakan Petani Kota Kamtibmas Binaan Polri. Yang didalamnya ada aktifis dari BEM dan HMI, dan kader organisasi lainnya serta Bhabinkamtibmas.

Untuk lahan ini, sudah dua minggu ini kami kelola, dan penanamannya juga menggunkan pupuk organik, tidak kimia. Luasnya juga 1,5 ha.

“Dari sawi, jagung, kacang, hingga bayam dan kangkung kami tanam,” ceritanya.

Meskipun tidak berlatang belakang petani, tim mengaku ini sebuah tantangan yang harus ditaklukkan. Dan berharap ini jadi percontohan kedepannya.

Bagi Ibey, ekonomi negara stabil dan kuat, maka negara dan rakyatnya sejahtera, pasukan TNI, Polri beserta alutistanya akan terbangun dengan sendirinya.

Ia juga menambahkan dengan rasa optimis Tidak ada yang tidak mungkin untuk merubah sesuatu, asal ada niat tulus dan kerja keras, dan selalu mencoba hal yang baru serta ridho dari Allah SWT, semua pasti bisa.

“Alhamdulillah, benih bibit yang ditanam mulai menunjukkan bunganya perlahan. Semoga berjalan lancar, dan program ini berhasil, terima kasih bapak Kabaharkam Polri atas motivasi dan supportnya selama ini.” Tutup Ibey