Keutamaan Surat Yasin Versi UAS

Grahanusantara.co.id – Ustad Abdul Somad atau biasa kita kenal dengan UAS memaparkan keutamaan surat Yasin dalam ceramahnya.

Dalam siaran ceramah yang diupload di YouTube, Ustaz Abdul Somad (UAS) menjelaskan keutamaan membaca Surat Yasin yang memilik 83 ayat. Salah satu keutamaanya adalah mendapat pengampunan dari Allah SWT usai membaca surat yang diturunkan di Mekkah ini.

“Baca Yasin pada satu malam maka pada waktu subuhnya dosanya sudah diampunkan Allah SWT,” kata UAS yang mengutip dari kitab tafsir Ibnu Katsir Al Quranil Adzim pada bagian Muqaddimah Surat Yasin.

UAS menjelaskan, sesuai penjelasan tersebut maka Surat Yasin dibaca setiap malam bukan hanya pada hari tertentu. Misal malam Jumat yang kerap dilakukan pengajian atau kelompok masyarakat.

Namun para ulama terdahulu di negeri-negeri Melayu tahu masyarakat harus bekerja setiap hari untuk mencari nafkah. Masyarakat harus pergi melaut, cari ikan, atau bertanam padi sehingga sulit membaca Surat Yasin tiap malam.

“Dengan kondisi tersebut maka para ulama menyarankan sekali saja dibaca pada malam Jumat. Alasan pemilihan Jumat adalah kedudukannya sebagai induk dari segala hari atau Sayyidul Ayyam,” kata UAS.

Keutamaan Surat Yasin lainnya adalah mendapat kemudahan dalam menghadapi perkara bagi siapa saja yang menghadapi masalah. Surat Yasin cocok dibaca mereka yang tengah kesulitan atau mencari solusi terbaik.

“Kalau dibacakan pada perkara yang susah maka Allah SWT akan memudahkannya,” jelas UAS sambil memberi contoh kesulitan yang dihadapi masyarakat misal tidak kunjung memiliki keturunan.