Ini Kata Kemhan Setelah Dilaporkan ke Bawaslu Akibat Cuit #PrabowoGibran2024

Graha Nusantara, Jakarta – Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI memberikan tanggapannya mengenai pelaporan ke Bawaslu sebab mencuit #PrabowoGibran2024 pada unggahannya. Kemhan menuturkan sudah menjatuhkan sanksi admin akun X .

“Kami mengapresiasi laporan tersebut. Hal itu memang diwadahi dalam mekanisme penyelenggaraan Pemilu 2024,” ujar Kepala Biro Humas Setjen Kemhan, Brigjen Edwin Adrian Sumantha melalui keterangan tertulis, Selasa (23/1/2024).

Edwin menerangkan admin akun X Kemhan tak sengaja memencet tagar yang muncul ketika itu. Dirinya menyampaikan kesalahan tersebut langsung diperbaiki.

“Perlu kami jelaskan dan tegaskan kembali bahwa hal tersebut terjadi karena ketidaksengajaan admin dalam memencet tagar pilihan yang muncul di X (suggested tags) dan kesalahan telah segera diperbaiki oleh admin,” ucapnya.

Edwin menegaskan keliru apabila terdapat pihak yang menyatakan tagar itu sudah ditayangkan berjam-jam pada Minggu (21/1) sejak ditayangkan pertama kali. Dirinya mengungkapkan Kemhan juga telah mengevaluasi.

“Kami telah melakukan evaluasi dan penekanan ulang kepada seluruh administrator platform medsos Kemhan untuk lebih berhati-hati dalam proses publikasi,” ujarnya.

Edwin menyampaikan anggota Kemhan yang ketika itu bertugas menjadi admin, sudah memperoleh sanksi administratif berupa teguran keras. Dirinya menyampaikan Kemhan menjunjung tinggi netralitas.

“Karena kurang berhati-hati dalam melaksanakan tugasnya,” terang Edwin.

“Sesuai penekanan dari Sekjen Kemhan RI bahwa selama gelaran rangkaian Pemilu 2024, seluruh pegawai Kemhan RI menjunjung tinggi netralitas,” sambungnya.