Jokowi Sebut Debat Politisi Hanya Panas di Dunia Maya

Graha Nusantara, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut buka suara soal perdebatan para politikus menuju hari pencoblosan Pemilu 2024. Jokowi menyampaikan perdebatan para politikus tersebut hanya panas di dunia maya atau internet.

Jokowi menyampaikan hal tersebut pada acara Outlook Perekonomian Indonesia di Astor Ballroom Hotel St Regis, Jakarta Selatan, Jumat (22/12), Jokowi bicara soal perdebatan para politikus. Awalnya Jokowi menuturkan bila dirinya optimis menyambut 2024.

“Optimisme saya di 2024 juga didasarkan pada kondisi politik. Saya tahu para pengusaha ini menunggu situasi politik ada yang juga deg-degan mendekati pemilu terutama mendekati pilpres,” ucap Jokowi.

Dirinya menyampaikan tidak perlu ada yang dicemaskan terkait Pilpres 2024. Jokowi menyampaikan suasana panas mengenai pilpres hanya terjadi di media sosial.

“Kalau kita membukanya sosial media, kalau bacanya sosial media, nonton TV adu debat antarpolitisi, sepertinya suasananya panas, sepertinya,” ujar Jokowi.

“Tapi kalau bapak-ibu turun ke masyarakat, turun ke desa, turun ke daerah, sering turun ke daerah-daerah, bapak-ibu bisa merasakan rakyat itu santai santai saja. Betul coba pergi ke desa,” ucap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi turut menegaskan politik pada 2024 adem-adem saja. Menurut Jokowi, Pilpres 2024 berbeda dengan dua pilpres sebelumnya.

“Sebetulnya politiknya ada adem-adem saja, saya kira sangat jauh bila dibandingkan dengan 2014 dan 2019, sangat beda sekali,” kata Jokowi.

Dirinya percaya hal tersebut berkaitan dengan kedewasaan masyarakat. Oleh karena itu, kondisi panas yang terasa pada pilpres sebelumnya, dapat didinginkan.

“Artinya masyarakat kita sudah dewasa dalam berpolitik. Yang panas pun bisa segera di dinginkan dan kalau terbelah sedikit juga bisa bersatu kembali,” sambung Jokowi.