KPU: Debat Cawapres di JCC Senayan, Formatnya Semi Town Hall

Graha Nusantara, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menuturkan jika debat cawapres yang akan berlangsung pada 22 Desember tak akan dilangsungkan di KPU. Debat kedua tersebut akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Hal tersebut dibenarkan oleh Komisioner KPU August Mellaz selepas rapat bersama tiga tim pasangan calon, Sabtu (16/12/2023). Tetapi, Mellaz belum menerangkan sebab dari lokasi debat diganti dari yang sebelumnya diselenggarakan di KPU.

“Venue sudah ada. Iya (di JCC),” ujar Mellaz.

Lebih lanjut, Mellaz turut membagikan bila format debat yang akan datang sedikit berbeda dibandingkan debat sebelumnya. Pada debat cawapres nanti format semi town hall yang akan digunakan.

“Formatnya sih bisa disebut semi town hall. Kan kalau di KPU (saat debat capres sebelumnya) kan memang posisinya melingkar, kalau yang besok semi town hall,” ucapnya.

Kemudian, saat disinngung terkait ada atau tidaknya podium ketika debat cawapres, Mellaz hanya membenarkan. Mellaz tidak memberikan detail perbedaan konsep town hall dan semi town hall.

“Oh kalau itu, semua tim paslon juga nyarankan itu, ada podium,” ujarnya.

Dirinya menyampaikan jika detail debat cawapres 22 Desember akan KPU umumkan pada Senin (18/12). Termasuk didalamnya daftar nama panelis dan moderator.

Diketahui, ketiga cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md akan menjadi peserta debat kedua. Debat kedua akan mengangkat tema ekonomi, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.