Jokowi Tegaskan Pemerintah Hanya Tampung Sementara Pengungsi Rohingnya

Graha Nusantara, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapannya terkait nasib pengungsi Rohingya yang terus mengalami kenaikan di wilayah RI. Jokowi memegaskan pemerintah hanya akan menampung para pengungsi Rohingya sementara.

“Saya sampaikan bahwa sementara, sementara, kita tampung,” ujar Jokowi, Senin (10/12/2023).

Jokowi menyampaikan penampungan pengungsi Rohingya tersebut hanyalah sementara, sambil pemerintah berkomunikasi dengan organisasi internasional. Dia mengerti penolakan masyarakat lokal pada Rohingnya.

“Sementara, dan kita masih berbicara dengan organisasi-organisasi internasional, UNHCR dan lain-lain, karena memang masyarakat lokal tidak menginginkannya,” ucapnya.

Diketahui, datangnya pengungsi Rohingya ke wilayah Aceh menuai masalah. Warga lokal menolak kedatangan pengungsi Rohingya sebab mengganggunya kelakuan para pengungsi

Sebelumnya, Jokowi menuturkan akan mengupayakan dari segi kemanusiaan. Jokowi menegaskan bantuan sementara akan diberikan.

“Bantuan kemanusiaan sementara kepada pengungsi akan diberikan dengan mengutamakan kepentingan masyarakat lokal,” ujar Jokowi dalam keterangan yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/12).

Jokowi menerangkan pemerintah terus berkoordinasi dengan lembaga internasional.

“Pemerintah Indonesia akan terus berkoordinasi dengan organisasi internasional untuk menangani masalah ini,” ujarnya.