Kemenkes Himbau WNI Lengkapi Vaksinasi Saat ke Luar Negeri Buntut Kenaikan Kasus COVID-19

Graha Nusantara, Jakarta – Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) menghimbau masyarakat agar melengkapi vaksinasi segera buntut dari naiknya kasus COVID-19. Hal itu adalah langkah kewaspadaan terhadap kenaikan kasus COVID-19 di Indonesia serta negara-negara lain seperti Malaysia dan Singapura.

Kewaspadaan itu termaktub dalam Surat Edaran (SE) Nomor: IM.02.04/C/4799/2023 perihal Kewaspadaan Terhadap Lonjakan COVID-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri tertanggal 8 Desember 2023.

Pelaku perjalanan luar negeri memiliki risiko tertular COVID-19 karena interaksi dengan orang lain dari berbagai negara, oleh karena itu wajib memiliki kekebalan yang cukup ketika melakukan perjalanan agar tak tertular dan menjadi sumber penularan selama perjalanan ataupun saaat kembali ke Tanah Air. Kemenkes menghimbau WNI yang melakukan perjalanan ke luar negeri agar melengkapi vaksinasi COVID-19 mereka.

“Sangat direkomendasikan untuk segera melengkapi vaksinasi COVID-19 baik dosis primer maupun booster sesuai ketentuan,” tulis SE yang ditandatangani oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI dr Maxi Rein Rondonuwu tersebut.

Selain itu, dr Maxi meminta agar semua Dinas Kesehatan (Dinkes) di Indonesia memastikan ketersediaan stok vaksin COVID-19 pada wilayah masing-masing. Dinkes masing-masing wilayah juga harus memberikan informasi terkait lokasi vaksinasi COVID-19 yang bisa masyarakat akses.

Diketahui, beberapa negeri di ASEAN mengalami kenaikan kasus COVID-19, tak terkecuali Indonesia yang rata-rata kasus harian bertambah 35-40 kasus. Sedangkan, pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit berkisar antara 60-131 orang per 6 Desember.