Ini Kata Menparekraf Terkait Boikot Israel!

Graha Nusantara, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan tanggapannya mengenai boikot Israel. Dirinya menyampaikan bila terdapat produk yang terdampak.

Sandi terlebih dahulu membagikan jika jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia belum terdampak jumlahnya terkait dengan konflik Palestina. Dirinya menyarankan agar berwisata di wilayah Indonesia saja.

“Yang kedua belum ada dampak terkait jumlah kunjungan wisman dan pergerakan wisnus berkaitan dengan konflik di Palestina,” ujarnya, Senin (4/12/2023).

“Kami sangat prihatin dengan kekerasan yang menimpa saudara-saudara kita di Palestina,” sambungnya.

Disisi lain, Sandiaga menyampaikan jika pihaknya telah memperoleh laporan mengenai produk yang terdampak boikot.

“Yang telah terjadi dampak, dan ini sedang dilaporkan proses kepada kami adalah boikot terhadap produk ekraf yang dirasakan oleh para pengusaha,” tuturnya.

“Para pengusaha itu menyatakan produknya bukan dan tidak terkait Israel. Tapi diakibatkan dengan boikot yang sudah banyak disuarakan di kalangan masyarakat walaupun sudah beberapa kali dibantah, ini telah mengakibatkan penurunan penjualan,” terangnya.

Selain itu, Sandi berharap traveler dapat tetap berbelanja tanpa terpengaruh akan aksi boikot.
Hal tersebut lantaran Indonesia telah memiliki banyak produk asli yang dapat memenuhi kebutuhan.

“Oleh karena itu kita harus betul-betul mensinergikan langkah kita. Karena di Natal dan tahun baru ini kita harapkan konsumsi meningkat sehingga ada pertumbuhan ekonomi dan tercipta lapangan kerja,” tuturnya.

“Memang kita fokus pada Gerakan Bangga Buatan Indonesia, apa lagi nanti ada harbolnas 12-12, kita harapkan masyarakat meningkatkan pengeluaran konsumsi yang akan mendorong konsumsi khususnya dalam bingkai bangga buatan Indonesia,” ujar Sandiaga.