Disdukcapil DKI: Blangko e-KTP untuk Pemilih Pemula Aman

Graha Nusantara, Jakarta – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta Budi Awaluddin memastikan ketersediaan blangko e-KTP untuk pemilih pemula Pemilu 2024 aman. Budi turut memastikan jika kebutuhan blangko cetak ulang e-KTP dalam rangka perubahan nomenklatur Jakarta tidak berpengaruh terhadap stok blangko yang diperuntukan untuk pemilih pemula.

“Kalau Pemilu sih aman ya. Kalau Pemilu kita kan nggak ada masalah untuk ketersediaan blanko kita. Karena kan ini beda tema ya,” ujar Budi, Kamis (12/10/2023).

Menurut data dari Komisi Pemiliham Umum (KPU), pemilih tetap (DPT) pemula yang belum ber-KTP berjumlah 121.245 warga. Sementara 83.342 di antaranya sudah melakukan perekaman KTP.

Dari total keseluruahan warga yang sudah melakukan perekaman, 51.157 diantaranya belum mencetak KTP. Sebab, usia warga masih belum mencapai 17 tahun.

“Yang udah melakukan pencetakan 32.185 dan yang belum tercetak 51.157 karena belum 17 tahun pada hari H,” sambungnya.

Sebanyak 37.903 sisanya belum melakukan perekaman. Disdukcapil berharap pada akhir tahun mendatang perekaman e-KTP selesai dilakukan. Salah satu caranya melalui penggencaran perekaman e-KTP ke sekolah-sekolah di Jakarta.

“Jadi yang jadi fokus kami menuntaskan yang belom terekam, sebanyak 37.903. Dan ini menjadi perhatian kami semua. Kami menargetkan di akhir tahun 37 ribu semuanya dilakukan perekaman,” jelasnya.

“Saat ini di seluruh petugas kami sedang melakukan layanan jemput bola ke sekolah-sekolah bekejasama dengan Disdik kami lakukan layanan Jemput bola tidak hanya di sekolah, namun di RW-RW bekerjasama dengan Pak RT memanggil para pemuda belum ber-KTP yang memang sudah wajib melakukan perekaman,” tambahnya.

Komentar