FIFA Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Erick: Harus Kita Syukuri

Graha Nusantara, Jakarta – Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan rasa syukurnya karena Indonesia didapuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Hal tersebut menunjukan bahwa FIFA masih memberikan kepercayaannya kepada Indonesia.

Tanpa aba-aba, FIFA mengumumkan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Perhelatan tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada 10 November sampai 2 Desember.

Erick menyampaikan keputusan FIFA tersebut haruslah Indonesia syukuri. Sebab FIFA masih memberikan kepercayaannya kepada Indonesia setelah sebelumnya batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dan Tragedi Kanjuruhan.

“Saya belum tahu alasan utama penetapan ini. Mungkin saja, beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepak bola dunia selama tiga bulan terakhir, seperti perbaikan sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA,” ujar Erick.

“Kemudian perhelatan dua FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina yang sukses dan menyita perhatian FIFA serta sepakbola internasional, menjadi alasannya. Bagaimanapun juga hal ini harus kita syukuri sebab kepercayaan FIFA kepada kita masih tinggi. Ini harus kita jaga dan buktikan,” ucap Erick.

Erick mengungkapkan PSSI masih belum menerima surat resmi dari FIFA terkait Indonesia yang ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

“Saya belum mendapat surat pemberitahuan secara resmi. Ini baru pengumuman yang dilansir dari FIFA pada sidang FIFA Council Jumat malam di Zurich. Kini yang terpenting, bagaimana kita menyiapkan diri agar menjadi tuan rumah yang baik,” ucap Erick.

Diketahui, terdapat 20 tim negara yang telah resmi lolos ke Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Kini tersisa Asia yang masih belum menambahkan empat wakilnya sebab Piala Asia U-17 2023 masih berlangsung di Thailand.

Daftar 20 tim negara lolos Piala Dunia U-17 2023
1. Indonesia (Tuan rumah)
2. Inggris
3. Prancis
4. Jerman
5. Polandia
6. Spanyol
7. Argentina
8. Brasil
9. Ekuador
10. Venezuela
11. Burkina Faso
12. Mali
13. Maroko
14. Senegal
15. Kanada
16. Meksiko
17. Panama
18. Amerika Serikat
19. New Caledonia
20. Selandia Baru

Komentar