Ganjar Pranowo Bertemu Sejumlah Organisasi Buruh, Apa Saja yang Dibahas?

Graha Nusantara, Jakarta – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, membeberkan pembahasan dirinya bersama beberapa organisasi buruh pada Senin (1/5/23).  isi pertemuan dirinya dengan sejumlah organisasi buruh malam ini. Capres PDIP tersebut menyampaikan isu buruh di Indonesia menjadi topik pembahasan.

“Kami berdiskusi cukup panjang, tentang kondisi perburuhan yang ada di Indonesia dan saya senang karena diskusinya cukup tajam, membicarakan bagaimana kesejahteraan buruh, bagaimana perlindungan buruh, bagaimana sistem pengupahan termasuk regulasi yang ada di Omnibus Law,” ujar Ganjar, Senin (1/4/2023).

Ganjar menyampaikan buruh tidaklah menolak Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja. Hanya saja terdapat beberapa hal dalam UU Omnibus Law yang buruh nilai bermasalah.

“Kira-kira setelah saya ases, ternyata bukan menolak Omnibus Law tapi klaster tenaga kerjanya menurut kawan-kawan ini masih bermasalah, inilah yang coba kita sampaikan tadi dalam diskusi-diskusi. Tentu dalam hari buruh ini saya menyampaikan selamat hari buruh dan diskusi yang kita lakukan tadi ada beberapa poin yang pengen kami diskusikan untuk melakukan semacam catatan mana yang harus dikoreksi, mana yang harus ditambah, dan bagaimana membangun kesepakatan sehingga hubungan industrialnya cukup baik. Jadi inti dari pertemuan kita sampai dengan sore hari ini itu,” ucapnya.

Disisi lain, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea menyatakan mendukung Ganjar pada Pilpres 2024 mendatang. Andi Gani menyampaikan dukungan secara all out akan diberikan kepada Ganjar dari KSPSI di Tanah Air dan luar negeri.

“Sebagai presiden KSPSI dan 10 ketua umum konfederasi, pertemuan kami ini semakin menguatkan kami sebagai konfederasi buruh terbesar di Indonesia untuk mendukung penuh secara all out Mas Ganjar maju sebagai presiden republik Indonesia. Karena apa? Banyak hal yang kita bahas, yang kita diskusikan. Sebenernya diskusi kami berdua sudah sangat panjang mengenai masalah-masalah buruh, masalah regulasi, dan match, ada krek istilah Pak Jokowi,” ujar Andi Gani.

“Jadi kami pastikan kami yakinkan, KSPSI sebagai konfederasi buruh dengan 10 federasinya baik yang di Tanah Air maupun yang di Hongkong, Makau, di seluruh luar negeri, kami mendukung all out pencalonan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Republik Indonesia,” tambahnya.

Dalam rangka pemberian dukungan, pembentukan relawan Sahabat Ganjar akan segera dipersiapkan. Pembentukan relawan tersebut merupakan sebuah dukungan nyata kepada Ganjar Pranowo.

“Untuk relawan sahabat Ganjar yang awalnya sahabat Jokowi tentunya mulai hari ini kami persiapkan dan kami akan segera deklarasikan dengan seluruh kekuatan KSPSI di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Dirinya menilai pada Pilpres 2024 Ganjar dapat menang dengan dukungan KSPSI. Pendeklarasian Ganjar juga akan Partai Buruh lakukan pada bulan Juni mendatang.

“Total buruh di Indonesia menurut survei ya, itu adalah 55 juta buruh formal kalau kita kalikan dengan 1 pasangannya itu udah hampir 100 juta, kalau saja 40 persen dukung Pak Ganjar berarti 40 juta bersama Pak Ganjar, belum lagi buruh migran, buruh migran ada sekitar 7,8 juta di luar negeri dan kita punya cabang di Hongkong juga di Taiwan,” ujar Andi.

“Sangat optimis, kita sudah tiga kali memenangkan pemilihan. Satu pilgub DKI bersama Pak Jokowi, Pilres 2014 dan Pilpres 2019,” sambungnya.

Komentar