oleh

Gibran Siap Maju Pilgub 2024, PKS dan PKB Ingin Mengusung?

Graha Nusantara, Jakarta – Sekretaris Jenderal PKS, Aboe Bakar Alhabsy tertawa ketika ditanya mengenai peluang PKS mengusung Gibran Rakabuming yang kini telah menyatakan siap apabila dicalonkan sebagai calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Aboe menerangkan jika PKS memiliki mekanisme internal sendiri dalam membahas pencalonan untuk Pilkada.

“PKS pasti ada pembicaraannya dan ada pencalonan sendiri,” ujar Aboe sambil tertawa, Jumat (20/1).

Anggota Komisi III DPR itu tak mempermasalahkan perihal kesiapan Gibran maju menjadi calon gubernur di Pilkada 2024. Dirinya menerangkan berhak memberikan pernyataan terkait maju dan dipilih. Terkait kelayakan, Aboe menganggap hal tersebut menjadi penilaian rakyat.

“Setiap orang berhak menyatakan dirinya siap maju, soal nanti rakyat sendiri yang menyatakan layak atau tidak,” tuturnya.

Disisi lain, Ketua DPP PKB Daniel Johan menyampaikan bahwa PKB terbuka terkait dukungan untuk Gibran untuk maju dalam pemilihan gubernur.

“Tetapi tentu PKB sangat terbuka dengan siapapun, termasuk dengan Mas Gibran,” ujar Daniel, Jumat (20/1).

Meski demikian, Daniel menerangkan PKB dan Gibran belum membahas secara langsung terkait kesiapannya maju Pilgub sebab PKB kini fokus dalam persiapan pemilihan legislatif (Pileg) sebelum Pilkada.

Dirinya bercanda mengajak Gibran mampir ke DPP PKB di Jakarta apabila siap maju Pilgub.

“Ya kalau memang, karena kita PKB terbuka ya, mungkin nanti Mas Gibran harus mampir-mampir ke PKB,” ujar Daniel.

Daniel tak ingin berandai-andai terkait kecocokan Gibran maju di Pilgub DKI Jakarta atau di Pilgub Jawa Tengah. Dirinya memberi saran Gibran untuk berkontribusi dahulu untuk Kota Solo yang kini dipimpinnya.

“Tinggal bagaimana berkomunikasi dengan partai-partai untuk melakukan pengusungan. Tapi yang paling penting mas Gibran harus menunjukkan kali kota yang berhasil di kota Solo,” ujar dia.

Sebelumnya, Gibran menyatakan siap apabila diusung menjadi calon gubernur di Pilkada 2024. Dirinya siap apabila Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mempercayakannya menjadi calon gubernur.

“Ya saya sih siap, tapi nunggu Bu Ketua Umum dulu ya. Sekali lagi saya ini masih belajar, masih perlu banyak masukan-masukan beliau-beliau senior,” ucap Gibran.

Komentar