oleh

Coronavirus (COVID-19) di Indonesia dan Dunia [Real Time]

Coronavirus (COVID-19) di Indonesia dan Dunia [Real Time]

Coronavirus 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Penyakit ini pertama kali diidentifikasi pada Desember 2019 di Wuhan, ibukota provinsi Hubei China, dan sejak itu menyebar secara global, mengakibatkan pandemi koronavirus 2019-20 yang sedang berlangsung. Gejala umum termasuk demam, batuk, dan sesak napas. Gejala lain mungkin termasuk nyeri otot, produksi dahak, diare, sakit tenggorokan, kehilangan bau, dan sakit perut. Sementara sebagian besar kasus menghasilkan gejala ringan, beberapa berkembang menjadi pneumonia virus dan kegagalan multi-organ.

Virus ini terutama menyebar selama kontak dekat, dan oleh tetesan kecil dihasilkan ketika orang batuk, bersin, atau berbicara. Tetesan pernapasan mungkin dihasilkan selama bernafas tetapi virus umumnya tidak mengudara. Orang-orang juga dapat terkena COVID-19 dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian wajah mereka. Paling menular saat orang bergejala, meskipun penyebaran mungkin terjadi sebelum gejala muncul. Virus ini dapat bertahan di permukaan hingga 72 jam. Waktu sejak pajanan hingga timbulnya gejala umumnya antara dua dan empat belas hari, dengan rata-rata lima hari. Metode diagnosis standar adalah dengan membalikkan reaksi berantai polimerase transkripsi (rRT-PCR) dari usap nasofaring. Infeksi juga dapat didiagnosis dari kombinasi gejala, faktor risiko, dan CT scan dada yang menunjukkan gejala pneumonia.

Langkah-langkah yang disarankan untuk mencegah infeksi termasuk sering mencuci tangan, menjaga jarak sosial (menjaga jarak fisik dari yang lain, terutama dari mereka yang memiliki gejala), menutupi batuk dan bersin dengan tisu atau siku bagian dalam, dan menjaga tangan yang tidak dicuci menjauh dari wajah. Penggunaan masker dianjurkan bagi mereka yang curiga memiliki virus dan pengasuh mereka. Rekomendasi untuk penggunaan masker oleh masyarakat umum berbeda-beda, dengan beberapa pihak berwenang merekomendasikan penggunaannya, beberapa merekomendasikan penggunaannya, dan yang lain membutuhkan penggunaannya. Saat ini, tidak ada vaksin atau pengobatan antivirus khusus untuk COVID-19. Penatalaksanaan meliputi pengobatan gejala , perawatan suportif, isolasi , dan tindakan eksperimental.

Artikel ini diambil dari Wikipedia

Berikut Update Real Time COVID-19 di Indonesia dan Update Real Time COVID-19 di Dunia:

Update COVID-19 di Indonesia


Update COVID-19 di Dunia