Tinggal Menghitung Hari, Berikut Rundown KTT G20 Bali

Graha Nusantara, Jakarta – Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tinggal menghitung hari lagi. Acara puncak KTT 2022 ini akan berlangsung pada tanggal 15 dan 16 November 2022.

“Ini perjalanan panjang untuk penyiapan fasilitasi bagi delegasi yang hadir di KTT G20, mulai September 2021 sampai sekarang, H-7,” ujar Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara RI, Setya Utama, dalam konferensi pers virtual, Senin (7/11/2022).

Dalam hal persiapan infrastruktur serta logistik merupakan tugas dari Sekretariat Negara. Setneg menyiapkan kedatangan para delegasi di bandara hingga kepulangan para delegasi. Nantinya akan ada 40 delegasi yang menghadiri KTT ini. Oleh karena itu, salah satu hal yang dipikirkan adalah parkir pesawat.

“Kami tidak hanya menggunakan bandara di Bali, kita juga akan menggunakan bandara-bandara lain di seluruh Indonesia sampai dengan Makassar,” ujar Setya.

Para delegasi ini akan mulai datang ke Indonesia pada tanggal 13 November. Indonesia telah menyiapkan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) serta tari pendet untuk menyambut para delegasi ini sebelum mengantarkannya ke hotel.

Menurut penuturan Setya, terdapat negara yang meminta fasilitas kendaraan antipeluru (bulletproof). Selain itu terdapat juga negara yang membawa sendiri kendaraan lapis baja ke Indonesia.

“Ada beberapa yang sudah men-declare membawa kendaraan lapis baja. Ada yang akan kita fasilitasi kendaraan lapis baja, kalau nggak salah tujuh negara, karena kendaraan lapis baja kita tidak terlalu banyak, kita harus mencadangkan untuk Bapak Presiden dan Wakil Presiden,” ujar Setya.

Berikut rundown KTT G20 Bali:

13-14 November: Delegasi datang
– Penyambutan: Delegasi disambut Paspampres dan tari pendet
– Diantar kendaraan listrik ke hotel

15 November: Hari pertama KTT G20
Arena Utama: Apurva Kempinski
– Working session I (pagi-siang): Food and Energy Security
– Selingan: Pertunjukan Metaverse IKN
– Makan siang
– Working session II (sore): Global Health Architecture
Garuda Wisnu Kencana
– Makan malam (Welcoming Dinner)
– Pertunjukan spektakuler

16 November: Hari kedua KTT G20
– Side event: Penanaman bakau di Tahura Mangrove
– Working session III (siang): Digital Transformation
– Bilateral meetings di ruangan-ruangan yang disiapkan
– Serah-terima Presidensi G20 dari RI ke India
– Press Briefing oleh Presiden RI Joko Widodo

“Mudah-mudahan substansi yang dihasilkan yang menjadi keinginan masyarakat dunia, di samping keputusan terkait ekonomi, tapi juga politik dan perdamaian dunia akan tercapai,” ujar Setya.