Enam Operator Transportasi Terima Penghargaan Prima Utama dari Kemenhub

Graha Nusantara, Jakarta – Enam operator meraih penghargaan tertinggi dari Kementerian Perhubungan setelah Kemenhub memberikan penilaian pelayanan prima kepada para operator transportasi.

Para operator yang yang meraih penghargaan tertinggi (kategori Prima Utama) yaitu Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub (LRT Sumsel), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (AP I), Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta (AP II), Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani (AP I), Stasiun Surabaya Pasar Turi (KAI), dan Stasiun Surabaya Gubeng (KAI).

Selain kategori Prima Utama terdapat juga kategori Prima Madya dan Pratama. Penerima penghargaan kategori Prima Madya berjumlah 23 orang dan kategori Pratama berjumlah 48 operator.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga memberikan secara langsung Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik sektor transportasi 2021-2022. Penganugerahan ini berlangsung pada Rabu, 26 Oktober 2022 di kantor Kemenhub, Jakarta.

“Ini merupakan wujud nyata upaya kemenhub untuk membangun semangat para operator transportasi untuk terus memberikan pelayanan yang excellent. Saya apresiasi upaya perbaikan pelayanan yang terus konsisten dilakukan. Karena tugas kita bagaimana membuat masyarakat pengguna jasa transportasi merasa puas,” kata Menhub.

Menhub ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Oleh karena itu, Menhub mendorong para operator transportasi baik berasal dari Kemenhub, BUMN/BUMD, ataupun swasta untuk memberikan yang terbaik dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

“Saya selalu menekankan jangan ada gap antara regulator dan operator sehingga tidak ada birokrasi yang rumit. Kita bersinergi bersama melayani masyarakat,” sambungnya.

Salah satu dewan juri, Akademisi dan Pemerhati Transportasi, Darmaningtyas menegaskan jika pemberian penilaian dilakukan secara objektif meskipun yang menyelenggarakan adalah Kemenhub.

Dirinya menjelaskan dalam penjurian terdapat enam aspek yang dinilai yaitu kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana pelayanan publik, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi. Pihak yang menjadi juri dalam hal ini adalah Kemenpan RB, Kantor Staf Kepresidenan, Akademisi, Pemerhati Transportasi, dan Jurnalis

Berbagai pihak hadir pada acara ini seperti Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Perhubungan, para Pimpinan BUMN dan Perusahaan yang menerima penghargaan, dan perwakilan dewan juri yaitu Ketua YLKI Tulus Abadi.

Komentar