AHY Nyatakan Siap Jadi Cawapres, Surya Paloh: Saya Serahkan Kepada Anies

Graha Nusantara, Jakarta – Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan kesiapannya untuk maju menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang. mengungkap dirinya sudah mantap untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. Tetapi, Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan tanggapan dengan menyerahkan urusan cawapres kepada capres usungannya Anies Baswedan.

AHY menyatakan kesiapannya selepas dirinya bertemu dengan Surya Paloh yang berlangsung di Wisma Nusantara, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (26/10). Dirinya menyampaikan terus mempersiapkan diri dan siap dengan tugas apapun dan di manapun.

“Ya kami pribadi terus mempersiapkan diri, apapun tugas yang harus kami jalankan pada saatnya, apapun itu, di manapun itu harus siap,” ujar AHY.

 Tetapi AHY menjelaskan bahwa saat ini fokusnya adalah menyatukan pemikiran dari NasDem, PKS dan Demokrat.

“Yang jelas sekarang kita fokus dulu saja bagaimana partai-partai kami bertiga ini, NasDem, Demokrat, PKS, bisa semakin menyatu dalam arti tadi pikirannya, pandangannya,” tuturnya.

Dirinya terus berprasangka baik terhadap kecocokan dengan kriteria cawapres yang Anies inginkan. Dirinya terus berikhtiar serta mempersiapkan diri.

“Ya kalau saya hanya ingin berprasangka baik, berprasangka baik terhadap apa yang terus kita ikhtiarkan, sambil terus mempersiapkan diri dan semua itu kan takdir,” tuturnya.

“Kita hanya bisa mempersiapkan diri dan menjemput takdir kita seperti apa, yang jelas kita sepakat di sini utk Indonesia lebih baik, lebih sejahtera masyarakatnya, kita harus kompak dulu, harus solid. Dari situlah kita bisa menghadirkan solusi-solusi yang penting untuk negara kita,” ujarnya.

Surya Paloh memberikan respon terkait kesiapan AHY maju menjadi cawapres pada Pilpres 2024 mendatang. Ketua Umum NasDem ini mengungkapkan jika AHY merupakan salah satu nominasi cawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan.

“Sedang kita nominasikan, kita cari, kita utak-atik, kita lihat lagi, kita lihat tanda-tanda, bahasa dari berbagai aspek, yang memungkinkan hingga pasangan Pak Anies-nya seperti yang diharapkan beliau sebagai capres,” ujar Paloh usai menggelar pertemuan dengan AHY di Wisma Nusantara, Jakarta, Rabu (26/10).

Berkaitan dengan kecocokan Surya Paloh mengungkapkan jika hal ini telah dirinya serahkan kepada Anies. Dirinya akan merestui yang terbaik.

“Nah yang bisa jawab hanya Pak Anies. Sudah saya serahkan kepada Pak Anies,” ujarnya.

“Kalau saya orang tua ini apa. Kalau baik-baik pasti saya restui,” tambahnya.

Menurut Surya Paloh, ketiga parpol masih terus mempertimbangkan waktu pendaklarasian koalisi serta mengungkapkan penentuan cawapres masih belum ditentukan,

“Waktunya kapan untuk deklarasinya, hari cari baik bulan baik,” ujarnya.

“Cawapres belum,” sambungnya.

Komentar